Roman Ayu, Varietas Mangga Baru Milik Kabupaten Cirebon

JABARNEWA | CIREBON – Roman Ayu, Varietas mangga baru milik Kabupaten Cirebon yang pertama kali dikembangkan Surohman, warga Desa Panongan, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon.

Menurut Surahman, dirinya pertama kali mengembangkan varietas baru tersebut di tahun 2015 dengan mengokulasi batang mangga lokal dengan batang mangga dari Taiwan.

Menurut Rohman panggilan akrab Surohman, mangga Roman Ayu ini punya ukuran lebih besar dan berwarna merah ati saat kondisi matang. Berat buah tersebut bisa mencapai 1,8 kilogram.

Baca Juga:  Pemkot Bandung dan Pontianak Bersinergi Penerapan Tunjangan Kinerja ASN

“Setelah tumbuh, saya tidak berani jual, hanya dicoba sendiri. Namun beberapa tahun kemudian dijual, lumayan banyak peminatnya, “katanya saat ditemui di Pendopo Bupati Cirebon, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Rabu (21/04/2021).

Beberapa tahun setelah dikembangkan, Rohman pun kemudian melapor kepada Dinas Pertanian untuk pengembangan varietas baru tersebut dan langsung didaftarkan ke Kementerian Pertanian dengan nama “Roman Ayu” awal tahun ini

Baca Juga:  Polisi Dihadang Warga saat Tangkap Pengedar Narkoba di Labuhanbatu, Ini Kronoginya

“Nama ‘Roman Ayu’ ini merupakan singkatan dari Imron (Bupati Cirebon), Surohman, dan Wahyu” katanya.

Iapun berharap pemerintah daerah untuk membantu mengembangkan mangga ‘Roman Ayu’. Nantinya, Kabupaten Cirebon bisa memiliki komoditas unggulan, selain gedong gincu.

“Dibantu pengembangannya, biar semakin terkenal,” katanya.

Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian, Erizal Jamal mengatakan, ‘Roman Ayu’ sudah terdaftar dengan nomor 1662/PVL/2021 sebagai varietas lokal. Pemohon ingin mendaftarkan varietas baru itu yakni, Bupati Cirebon, Imron Rosyadi. Dilakukan pada 30 Maret 2021.

Baca Juga:  Tiga Jenis Obat Herbal Yang Bisa Mengatasi Gatal-gatal Pada Kulit

“Ini adalah sertifikat kepemilikan varietas lokal daerah yang diturunkan secara turun temurun. Kepemilikan ini punya Kabupaten Cirebon yang diwakili oleh bupati,” katanya.

Ia menjelaskan, hal tersebut merupakan upaya untuk kekayaan daerah dan meningkatkan perekonomian para petani mangga.

“Kami tidak hanya menyerahkan sertifikat, kami mengajak dikembangkan bersama, harus menjadi komoditas unggulan,” katanya. (Arn)