Dukung Pemekaran Provinsi Cirebon, Ini Alasan DPD RI

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi menilai pembentukan Provinsi Cirebon sangat memungkinkan terwujud. Bahkan, dia menyebut, pihaknya sudah mengadakan pertemuan membahas pemekaran tersebut.

“Dari dulu kita sudah mendukung, bahkan Komite I DPD RI telah melakukan pertemuan dengan beberapa pihak. Intinya, perlu ada upaya apresiasi terhadap pihak-pihak yang telah menggaungkan pembentukan Provinsi Cirebon,” kata Fachrul, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga:  Terbang Ke Hanoi Lebih Cepat, PSSI Minta Indonesia Fokus di Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022

Dia menjelaskan, adanya desakan pemekaran provinsi baru di wilayah Jawa Barat, yakni pembentukan Provinsi Cirebon. Sebab, wilayah itu sangat luas dengan jumlah penduduk yang mendekati 50 juta jiwa pada 2020.

“Di pulau Jawa khususnya, Suku Sunda dan Provinsi Jawa Barat ini penduduknya termasuk yang sangat banyak dan suku terbesar kedua di Indonesia setelah Suku Jawa,” jelasnya.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Libra, Scorpio dan Sagitarius: Kamu Memiliki Kecerdasan Diatas Rata-rata

“Maka wajar saja daerah di Jawa Barat ini termasuk dalam daftar yang ada di DPD RI untuk diperjuangkan dalam pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB),” tambahnya.

Baca Juga:  Sempat Alami Kekurangan, RSU Holistic Dapat Pasokan 177 Tabung Oksigen

Menurut Fachrul, secara umum di Jawa Barat selain Suku Sunda, juga terdapat Suku Bangsa Cirebon yang berada di perbatasan dengan Jawa Tengah.

“Sah-sah saja masyarakat di sana menginginkan Provinsi Cirebon, dan kami akan terus perjuangkan di Komite I DPD RI,” tutupnya. (Red)