Jadi Tempat Ngabuburit, Masjid Bambu di Tengah Kota Cirebon Terlihat Sangat Sejuk

JABARNEWS | CIREBON – Sebuah masjid di tengah Kota Cirebon, memiliki bentuk yang sangat unik. Pasalnya bangunan Masjid tersebut terbuat dari bahan batang bambu dengan beratap ijuk.

Selain bentuknya unik, Masjid itu juga terlihat sangat sejuk, dan sangat cocok untuk dijadikan tempat mengaji sebelum berbuka puasa.

Masjid Unik yang dinamai Masjid Ash Shamad, yang dibangun pada tahun 2015 silam. Berada di Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Masjid ukik ini merupakan Masjid satu-satunya yang berada di Kota Cirebon.

Baca Juga:  Pembebasan Lahan Tol Cigatas Ditargetkan Selesai Tahun Ini

“Masjid Unik yang berornamen serba bambu ini, hanya ada satu di Kota Cirebon,” kata Watid, selaku Dewan Penasehat Masjid Ash Shamad, Kamis (22/04/2021).

Bangunan sekitar 370 meter persegi ini, selalu ramai jamaah untuk melaksanakan sholat berjamaah dan banyak juga warga yang membaca alquran sembari menunggu bedug magrib.

Baca Juga:  Belum Direspon Dinas Terkait, Kades Kumpay Tambal Jalan Berlubang

“Masjid Bambu ini, menyuguhkan kesan islami,” katanya.

Dengan konsep memadukan antara bambu dengan bebatuan, sedangkan pada bagian dalam masjid terdapat ornamen-ornamen berbahan kerang yang dihiasi dengan lampu yang menguatkan kesan mewah pada bagian dalam Masjid.

“Dipilihnya konsep Masjid Bambu ini, agar para jamaah yang menjalani sholat merasa sejuk,” katanya.

Baca Juga:  BIJB Kertajati Beroperasi, Peluang Pariwisata Ciayumajakuning Terbuka Lebar

Khusus pada bulan ramadhan ini, Masjid Bambu diserbu masyarakat dari berbagai wilayah di Kota cirebon, hanya untuk menunggu datangnya waktu berbuka puasa, dengan mengisi membaca tadarus al-quran.

“Kalo bulan puasa, yang datang banyak mereka rata rata mengisi waktu luang dengan membaca al-quran sembari menunggu waktu magrib,” katanya. (Arn)