Wisata Curug Putri Landung, Cocok Untuk Tempat Liburan

JABARNEWS | BANDUNG – Curug Putri Landung merupakan salah satu wisata alam yang memiliki ketinggian mencapai 20 meter dan berasal dari mata air jauh di dalam hutan Gunung Ciremai (3.078 mdpl).

Curug ini terletak dalam kawasan Bumi Perkemahan Palutungan dengan ketinggian 1.100 – 1.150 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan curah hujan 3.000 mm tahun, dan sejuknya suhu udara antara 20 – 24C. Letak Curug Putri ini menjorok ke dalam dikelilingi tebing terjal dan pepohonan rimbun.

Bahkan di sebelah kiri terdapat satu pohon beringin besar yang teduh. Curug ini Terletak di Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Propinsi Jawa Barat

Baca Juga:  Ini Kuliner Yang Cocok Di Musim Hujan

Nama Curug Putri Landung sendiri berasal dari legenda tempat tersebut sebagai tempat pemandian para putri dari Kahyangan, tempat para bidadari turun ke Bumi. Apabila ada hujan gerimis dan matahari bersinar maka dari Curug Putri Landung ini, dapat melihat Pelangi atau Katumbiri dan masyarakat meyakini bahwa ketika pelangi muncul artinya para dewi yang cantik jelita dari kahyangan sedang turun ke bumi.

Untuk yang menggunakan kendaraan umum dari kota Cirebon dapat menggunakan angkutan umum yang menuju Kuningan dengan ongkos sekitar Rp 8000 per orang Selanjutnya dari Kuningan perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum bernomor 16 jurusan Kuningan-Palutungan. Tarifnya Rp 4000 per orang. Bila menggunakan ojek motor dikenai tarif yang lebih mahal sekitar Rp 10.000-Rp 20.000 per orang.

Baca Juga:  NU Jawa Barat Menolak Utusan Ridwan Kamil, Nahdlatul Ulama: Masa Diutus Sekelas Staf 

Berjarak kurang lebih 9 Km dari kota Kuningan ke arah barat dengan waktu tempuh sekitar 30 menit berkendara. Sedangkan bila dari obyek Bumi Perkemahan Palutungan letaknya ke arah timur kurang lebih 500 m.

Jalan menuju ke Curug Ciputri Landung sejalan dengan ke Goa Maria di Totombok, Cisantana. Jarak dari Goa Maria ini cukup dekat tinggal beberapa kilometer saja. Bila dari arah kota Cirebon terlebih dahulu melewati kota Kuningan lalu menuju ke kecamatan Cigugur.

Baca Juga:  Menginap Di Geopark Ciletuh, Ini Harganya

Setelah melewati Cigugur terdapat simpang jalan ke arah Cirendang. Di simpang ini terdapat plang petunjuk arah menuju ke lokasi curug tersebut. Kondisi jalan tersebut cukup mulus, dan dapat dilalui berbagai kendaraan, akan tetapi sempit, menanjak dan berkelok- kelok.

Setelah tiba di lokasi parkiran, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 100 meteran ke lokasi curug berada. Ada jembatan besi yang melintang sebelum tiba dilokasi curug tersebut. Akses masuk ke curug ini berada di seberang Pintu Pos Jaga dan loket masuk Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. (Mal)