Tiga Keutamaan Shalat Witir Saat Bulan Ramadhan, Diantaranya Bisa Kabulkan Doa

JABARNEWS | BANDUNG – Memasuki bulan suci Ramadhan, sholat sunah ditingkatkan umat muslim untuk memperoleh amal ibadah. Salah satu sholat sunnah yang umum dilakukan adalah sholat witir dan sunnah.

Shalat witir adalah sholat sunah yang dikerjakan pada waktu malam hari antara setelah waktu isya dan sebelum waktu shalat subuh, dengan rakaat ganjil.

Meskipun menjadi sholat penutup, keistimewaan solat witir membuat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mewasiatkan kepada para sahabat beliau agar senantiasa mengerjakannya.

Beliau juga menganjurkan melaksanakan sholat witir karena amalan sunnah yang satu ini banyak memiliki keutamaan.

Baca Juga:  Oki Bamunas Raih MP BPJS Award

Rasulullah sendiri mencontohkan selalu rutin mengerjakan sholat sunah witir di akhir malam setelah bangun dari tidurnya. Melaksanakan sholat witir di akhir pertengahan malam membuat komunikasi dengan Allah SWT akan menjadi lebih khusyuk.

Oleh sebab itu, berikut beberapa keutamaan sholat witir saat bulan Ramadhan. Diantaranya yakni:

Pertama. Mendekatkan Diri Kepada Allah dan Mencegah Perbuatan Dosa – Keutamaan sholat witir ialah dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT. Karena Allh SWT sendiri berfirman bahwa apabila seorang muslim mendirikan sholat pada akhir malam, Allah akan turun dari langit untuk mendengar segala doa dan keluh kesah hamba-hamba-Nya.

Baca Juga:  Dalil Prabowo-Sandi Soal Pelanggaran TSM, Hakim MK Nilai Tidak Beralasan Hukum

Selain itu, sholat di akhir malam juga akan disaksikan para malaikat sehingga banyak keutamaannnya. Apabila bersemayam iman dalam hati setiap orang, berarti dengan mengerjakan sholat witir dapat menambah keimanan dan kedekatan batin antara hamba dan Allah SWT.

Kedua. Dikabulkannya Doa – Jika memiliki keinginan dan ingin didengar oleh Allah SWT maka bisa menyampaikan hajat tersebut setelah sholat witir. Sampaikan juga doa tersebut saat melakukan sujud ketika sholat.

Karena ketika seseorang sedang bersujud kepada Allah, sebenarnya pada posisi itulah waktu yang paling dekat dengan Allah. Begitupun juga halnya waktu yang paling dekat dikabulkannya segala permintaan adalah disepertiga akhir malam.

Baca Juga:  Survei Indo Barometer, RK-UU Unggul

Ketiga. Dosa di Masa Lalu Diampuni – Keutamaan ketiga ialah mendapatkan pengampunan atas dosa-dosa yang pernah dilakukan di masa lalu. Setiap manusia diciptakan mempunyai fitrah, baik itu fitrah yang baik maupun buruk. Hal tersebut karena manusia diciptakan mempunyai pengendalian terhadap setiap perbuatannya.

Manusia dapat dikendalikan oleh amalan baik maupun amalan buruk. Setiap amalan baik sudah pasti memberikan pahala yang dapat menolongnya di hari pembalasan kelak. (Mal)