Sempat Naik Saat Awal Bulan Ramadhan, Kini Harga Sembako Di Sukabumi Berangsur Stabil

JABARNEWS | SUKABUMI – Sempat mengalami kenaikan harga sembako seperti cabai, ayam broiler dan lainnya. Kini memasuki minggu kedua bulan Ramadhan harga barang pokok di Kota Sukabumi Jawa Barat berangsur turun.

“Penurunan harga ini sudah terjadi sejak hari keempat Ramadhan, bahkan untuk komoditas cabai dan ayam broiler terus mengalami penurunan hingga saat ini,” kata Kasi Pengawasan Barang Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Industri (Diskopdagprin) Kota Sukabumi M Rifky di Sukabumi (23/4/21).

Baca Juga:  3 Pemain Asing Persib Masih di Luar Negeri, Robert Alberts Cari Solusi

Adapun harga dari telur ayam negeri mengalami penurunan harga sebesar Rp 1000, yang asalnya Rp 26.000/kg kini menjadi Rp 25.000/kg, bawang putih turun dari Rp 28.000/kg menjadi 26.000/kg.

Kemudian, harga daging ayam broiler asalnya Rp 38.000/kg kini turun Rp 1000/kg menjadi Rp 37.000/kg, daging sapi turun dari Rp 130.000/kg menjadi Rp 120.000/kg, cabai merah lokal besar turun dari asalnya Rp 40.000/kg kini Rp 38/kg.

Baca Juga:  Kembali, Bencana di Jabar Menelan Korban

Menurut Rifky, berkaca dari sebelumnya yakni Ramadhan 1441 Hijriah biasanya harga cenderung menurun di pekan kedua. Namun, mendekati saat mendekati perayaan Idul Fitri bahan sembako akan terjadi kenaikan harga kembali.

Akan tetapi biasanya kenaikan harga yang terjadi saat menjelang Hari Raya Idul Fitri masih diambang warjar. Bahkan pada perayaan Idul Fitri tahun lalu bahan pokok mengalami penurunan dan berakhir stabil.

Baca Juga:  Gubernur Jabar Minta Kecelakaan Maut Di Sukabumi Tidak Terulang

“Tidak menutup kemungkinan harga komoditas yang di awal Ramadhan harganya naik akan terus turun dan kembali normal. Selain itu, penurunan harga pun dipicu oleh menurunnya permintaan dan meningkatnya pasokan serta persediaan,” tambahnya. (Red)