Transformasi Digital, Menko: Bisa Ciptakan Rp 2,5 Juta Lapangan Kerja

JABARNEWS | JAKARTA – Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI mengatakan pemerintah sedang gencar-gencarkan transformasi digital. Saat ini bisa ciptakan Rp 2,5 Juta lapangan kerja baru di 2024 mendatang.

“Potensi ekonomi digital yang sangat besar ditambah momentum pandemi COVID-19, akan dijadikan modal bagi upaya nyata untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan untuk mewujudkan visi Indonesia 2045,” kata Menko Airlangga dilansir dari antaranews.com

Baca Juga:  Jelang Idul Adha, 10 Travel Gelap Diamankan karena Angkut Pemudik

Ia bisa mengatakan bahwa target dari upaya transformasi digital yaitu memberi lapangan pekerjaan dan tambahan dalam pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB).

“PDB hingga satu persen per tahun, menciptakan 2,5 juta lapangan pekerjaan baru, dengan keterampilan kompleks dan memberikan nilai tambah tinggi,” kata dia.

Baca Juga:  244.000 Lulusan SMP Diterima Di SMA Dan SMK Negeri

Airlangga mengatakan pemerintah menargetkan bisa menciptakan 5.000 perusahaan start-up, 50 persen UMKM yang terdigitalisasi, serta jumlah pengguna internet yang mencapai 82,3 persen dari total penduduk pada 2024.

“Sehingga pengembangan ekonomi digital harus terus kita dorong guna mencapai berbagai target tersebut,” ujar Airlangga.

Baca Juga:  Vaksinasi Drive Thru Bogor, Joko Widodo: Moga-moga Bisa Diterapkan di Kota Lain

Menko mengatakan pemerintah terus melakukan perluasan wilayah 4G, pengembangan 5G, peluncuran satelit multifungsi SATRIA, serta pembangunan pusat data nasional guna mendorong perluasan ekonomi digital.

Lebih lanjut ia mengatakan pemerintah juga terus mendorong pengembangan SDM digital atau talenta digital melalui tiga tingkatan level. (Red)