Meriam Caesar 155, Salah satu Alutsista Tercanggih TNI AD Siap Digunakan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Meriam Caesar 155 sebagai alutsista Tercanggih TNI AD siap digunakan untuk latihan tahunan yang bernama Garuda Shield 2021 yang rencananya akan diikuti oleh 1.300 prajurit.

“Caesar ini tercanggih dan memiliki sistem terbaru. Untuk itu dibutuhkan personel yang berkualitas. Berkemampuan Bahasa Inggris yang baik dan menguasai teknologi. Karena Caesar ini rigid dengan teknologi,” ucapnya.

Meriam Caesar 155 juga dipercayakan dan menjadi kebanggaan Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad yang bermarkas di Jalan Raya Sadang-Subang, Kelurahan Ciseureuh, Purwakarta itu.

Baca Juga:  Kemenkominfo Terima Puluhan Laporan Aduan ASN, Ini yang Paling Banyak

“Pussenarmed selaku cabang kekuasaan teknis kecabangan Armed memiliki tanggung jawab untuk mengecek kesiapan satuan-satuan Armed di seluruh Indonesia,” ujar Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Danpussenarmed) Kodiklat AD, Mayjen TNI Totok Imam Santoso, dalam keterangan tertulis yang dikeluarkan Batalyon Armed 9/Pasopati Kostrad, pada Sabtu (24/4/2021)

Dijelaskannya, Meriam Caesar 155 ini akan digunakan untuk latihan tahunan TNI AD, salah satunya adalah Garuda Shield 2021 yang rencananya akan diikuti oleh 1.300 prajurit US Army.

“Karena itu saya perlu mengecek sejauh mana kesiapan mereka. Dan kebetulan di sini juga sedang digelar pelatihan simulator Meriam Caesar 155 yang baru,” ucap Mayjen TNI Totok.

Baca Juga:  Bamsoet: Kabareskrim Baru Diminta Perhatian Khusus Restorative Justice

Usai mengecek langsung, Danpussenarmed menilai jika kesiapannya sudah cukup bagus. Begitu juga halnya dengan pelatihannya, dan masih ada waktu untuk terus meningkatkan kemampuan.

“Caesar ini tercanggih dan memiliki sistem terbaru. Untuk itu dibutuhkan personil yang berkualitas. Berkemampuan Bahasa Inggris yang baik dan menguasai teknologi. Karena Caesar ini rigid dengan teknologi,” ucapnya.

Sementara itu, Kedatangan Mayjen TNI Totok Imam Santoso untuk mengecek langsung kesiapan Meriam Caesar 155, di Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad ini didampingi Dirsen Pussenarmed Brigjen TNI Julius Jolly Suawa, Dirbinlat Pussenarmed Kolonel Arm Loebis Muhammad Hasbi, Pamen Ahli Pussenarmed Bid. Tikstrat Kolonel Arm Diah Prahma Dwi Purnama.

Baca Juga:  Pemotongan Hewan Kurban Dinsos Kota Tasikmalaya Kerja Sama PPKH Dan E-Warung

Serta turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Danmenarmed 2/1 Kostrad Kolonel Arm Untoro Hariyanto, Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Krisrantau Hermawan, Danyon Armed 9/Pasopati Kostrad Letkol Arm Andi Achmad Afandi, dan Wakapolres Purwakarta Kompol Satrio Prayogo. (Red)