Gempa Bumi Tektonik Guncang Garut, BMKG Sebut Akibat Sesar Garsela

JABARNEWS | GARUT – Gempa bumi Tektonik dirasakan di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Sabtu, 24 April 2021, pukul 15.41 WIB.

Menurut analisis BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) gempa bumi ini berkekuatan M2.9, terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Episenter terletak pada koordinat 7.24 LS dan 107.74 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 17 km Barat Daya Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada kedalaman 3 kilometer.

Baca Juga:  Penyidik KPK Novel Baswedan Dinyatakan Positif Covid-19

Jenis dan mekanisme gempa bumi sendiri dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela.

Sesar Garsela sendiri merupakan salah satu struktur sesar yang paling aktif di Jawa Barat.

Baca Juga:  Ini Pesan Penting Sri Mulyani untuk Lulusan STAN

Gempa bumi berkekuatan M2.9 dirasakan di wilayah Psirwangi, Kabupaten Garut dengan Skala Intensitas II-III MMI.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang dialami oleh bangunan warga sekitar sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Pada pukul 16.05 WIB menurut hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan di daerah Kabupaten Garut.

Baca Juga:  Wah! NU Sebut Masih Ada Praktik Perdagangan Orang Terselubung, Benarkah?

Diimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Namun, masyarakat harus tetap waspada dan jika terjadi gempa bumi berlindung ke tempat yang jauh dari bangunan. (Red)