Ratusan Mobil yang Keluar Tol di Cileunyi Diputar Balik

JABARNEWS I BANDUNG – Satlantas Polresta Bandung memutar balik 320 unit kendaraan roda empat yang keluar dari exit tol Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Ratusan kendaraan itu diputarbalik petugas Satlantas Polresta Bandung pada Sabtu (24/4/2021) siang, saat petugas melaksanakan penyekatan. 

Kendaraan diputar balik lantaran para pengendara tidak bisa menunjukkan hasil uji usap antigen dan tidak mau melakukan swab antigen.

Baca Juga:  Sosialisasikan AMS, Wagub Uu Berpesan Ajengan Bisa Menyampaikan Pesan Perdamaian

“Dalam penyekatan ini, 320 kendaraan kami putar balik karena tidak bisa menunjukan surat hasil swab dan tidak mau di swab gratis disini,” ujar Kompol Erik Bangun Prakasa, Kasat Lantas Polresta Bandung melalui AKP Kiki Hartaki, Kanit Turjawali Satltantas Polresta Bandung, dikutip dari Republika, Minggu (25/4/2021).

Namun begitu, ia menuturkan terdapat 50 orang pengendara yang dilakukan uji usap antigen gratis dengan hasil negatif. “Hasilnya, alhamdulilah nonreaktif semua,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kasdam III/Siliwangi Tinjau Cisanti Dan Sektor Pembibitan

Kiki mengatakan penyekatan dilakukan terhadap kendaraan yang berasal dari luar Kota Bandung maupun Kabupaten Bandung. 

Penyekatan bagian dari rangkaian sebelum pelarangan mudik Lebaran 2021 dilakukan 6 hingga 17 Mei mendatang.

“Kami lakukan penyekatan sesuai arahan dari pemerintah pusat, bahwa yang awalnya penyekatan dilakukan pada 6 Mei 2021 kini dimajukan dari 22 April 2021 sampai 5 Mei 2021,” katanya.

Baca Juga:  Pengajian Rutin Kamisan, Bupati Anne Sosialisasikan Program Pemkab Purwakarta

Penyekatan digelar setelah ada perubahan aturan soal pengetatan pelarangan mudik 2021 dari pemerintah pusat melalui Adendum Surat Edaran nomor 13 Tahun 2021 tentang mengatur pengetatan Persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) selama H-14 peniadaan mudik yang dimajukan sejak 22 April 2021 lalu hingga 5 Mei 2021. (Red)