Penjualan Kolang Kaling di Pasar Kanoman Kota Cirebon Meningkat Tajam

JABARNEWS I CIREBON – Penjualan bahan sajian takjil, seperti kolang kaling untuk bahan menu kolak dan es buah yang disajikan untuk menu berbuka puasa meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya.

Sejumlah pedagang yang menjual belikan aneka bahan pembuatan menu kolak, dan es buah di pasar kanoman Kota Cirebon, mengaku mendapat keberkahan di moment bulan suci ramadhan di tahun ini.

Baca Juga:  Wow, Angka Pengangguran Naik di Kota Bandung hingga Tembus 153.000

“Tahun ini ada perubahan, dibanding ramadhan tahun sebelumnya, kalau tahun ini sudah mulai rame lagi yang mencari kolang kaling, ” Kata Sani pedagang Kolang Kaling di Pasar Kanoman Kota Cirebon, Minggu (25/4/2021).

Jika di tahun lalu, lanjut Sani penjualan bahan kolak ini cukup sepi, dan semuanya hampir merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Namun, tahun ini cenderung ada peningkatan.

Baca Juga:  Kebakaran Landa Markas Brimob Depok, Hanguskan 7 Unit Asrama

“Tahun ini, Alhamdulillah ada peningkatan, kolang kaling aja kami mampu menghabiskan satu ton dalam satu minggu dengan kualitas dan harga yang cukup bagus,” ucapnya.

Tidak hanya itu, menurutnya menu olahan es seperti cendol, agar, cincau dan lainnya pun selalu diburu oleh warga. Terutama untuk kebutuhan menu berbuka puasa.

“Tahun ini semuanya sudah mulai stabil, ya meski masih ada saja kebijakan protokol kesehatan,” tuturnya.

Baca Juga:  Kebakaran Lahap Habis Pabrik Plastik di Cimahi

Masih dijelaskan Sani, jika tahun sebelumnya hampir tidak berjualan selama beberapa hari karena adanya kebijakan penutupan pasar sementar. Ia berharap tahun ini tidak terulang kembali seperti tahun sebelumnya.

“Kalo kebijakan dari satgas Covid-19 diterapkan kembali, kami akan sepi dari pembeli, nanti anak-anak tidak bisa beli baju lebaran, ” tutupnya. (Arn)