Supermoon akan Muncul Malam Ini, Tercerah di 2021

JABARNEWS | BANDUNG –  Malam ini, Selasa (27/4/2021). Sebuah fenomena langit berjuluk supermoon akan menghiasi langit malam nanti. Pengamatan pemandangan indah itu bisa dinikmati tanpa bantuan teropong atau teleskop jika kondisi bebas polusi.

Supermoon akan tampak lebih besar saat terbit atau terbenam di cakrawala karena efek yang disebut “ilusi Bulan”, di mana mata manusia diperdaya untuk membandingkan ukurannya dengan objek dalam garis pandang seperti pohon atau bangunan.

Dilansir dari Suara.com, disebut sebagai supermoon karena Bulan Purnama pada April akan mencapai waktu yang hampir bersamaan dengan orbit elipsnya yang juga melakukan pendekatan terdekat ke Bumi, sehingga Bulan akan tampak besar dan lebih terang daripada biasanya.

Baca Juga:  Exit Tol Gedebage-Cilacap Di Kota Banjar Ditetapkan Di Lokasi Ini

Pada saat mencapai fase Bulan penuh, satelit alami Bumi itu akan berada di konstelasi Libra dan jaraknya menjadi 357.000 km dari Bumi.

Selain pada 27 April, supermoon lainnya pada tahun ini akan terjadi pada 26 Mei mendatang.

Bulan Purnama pada April disebut sebagai Pink Moon secara tradisional oleh suku asli Amerika dan pemukim kolonial di Amerika Serikat.

Baca Juga:  Dear Sobat BKN, Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Resmi Diundur

Tetapi, bukan berarti Bulan tersebut memiliki warna pink atau merah muda, tetapi karena bertepatan dengan mekarnya bunga musim semi di belahan Bumi utara.

Suku asli Amerika umumnya memberikan nama atau julukan yang berbeda-beda pada Bulan Purnama setiap bulannya. Tradisi ini telah dipopulerkan dalam beberapa dekade terakhir oleh Farmers’ Almanac di Amerika Serikat.

Dilansir dari In the Sky, Selasa (27/4/2021), selama malam-malam setelah 27 April, Bulan akan terbit sekitar satu jam lebih lambat setiap hari dan tampak menonjol di malam hari.

Baca Juga:  Waduh! Lebaran Usai, 2.000 ASN Disdikpora Karawang Mangkir Kerja

Dalam beberapa hari, Bulan hanya akan terlihat di langit menjelang fajar dan dini hari. Pada saat mencapai kuartal terakhir, seminggu setelah Purnama, Bulan akan terbit di tengah malam dan terbenam sekitar tengah hari.

Dalam tabel yang dibagikan In the Sky, Bulan akan terbit pada pukul 18:01 WIB dan tenggelam pada pukul 05:52 WIB. (Red)