Pelabuhan Tikus di Cirebon Turut Diawasi dari Pemudik Yang Nekat Pulang Kampung

JABARNEWS | CIREBON – Polresta Cirebon akan melakukan pengawasan di sejumlah pelabuhan tikus atau jalur laut yang menjadi alternatif pemudik nekat berlebaran di kampung halaman dari luar Kota Cirebon.

Penyekatan yang dilakukan selain di jalur darat ini, dimulai pada 6 Mei hingga 17 Mei 2021 untuk mengawasi sejumlah pelabuhan tikus yang ada di Kota Udang tersebut.

Baca Juga:  Kurangi Kepadatan Lalulintas, Warga Depok Diminta Gunakan Bus Transportasi

Selain pengawasan, Polresta Cirebon juga menyiapkan rapid test sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 dari pemudik yang melalui jalur laut.

“Banyak yang sudah pulang dari Jakarta ke Cirebon lewat laut,” kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi, Selasa, (27/4/2021) petang.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Minta Para Santri harus Ikuti Aturan Larangan Mudik

Sampai sejauh ini, pihaknya telah memetakan titik-titik pelabuhan tikus yang biasa menjadi tempat sandar kapal-kapal nelayan. Tak hanya itu, Polresta Cirebon juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon.

Bersama-sama, mereka menyiagakan personil di titik-titik pelabuhan tikus yang telah dipetakan untuk menggelar rapid test bagi pemudik nelayan.

Baca Juga:  Denny Indrayana Sebut BPN Prabowo-Sandi Habiskan Miliaran Hadapi PHPU di MK

“Jadi, kalau mereka (pemudik nelayan) sudah terlanjur datang, mereka harus menjalani rapid test. Kan tidak mungkin meminta mereka putar balik, jalur laut beda dengan jalur darat,” tuturnya. (Red)