Tunggak Administrasi, Disdik Jabar: Sekolah Tidak Boleh Menahan Ijazah

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat akan gelar Pekan Pengambilan Ijazah bagi siswa SMA sederajat pada tanggal 2 Mei 2021 mendatang. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan tidak ada Ijazah Siswa ditahan karena tunggakan administrasi.

“Di Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei nanti, kita juga akan lakukan Pekan Pengambilan Ijazah bagi siswa dan orangtua yang merasa ijazahnya masih berada di sekolah silahkan diambil sendiri oleh orangtua atau siswa,” ujar Kadisdik Jabar Dedi Supandi di Bandung, Rabu (28/4/2021).

Baca Juga:  Tiga Tempat Wisata Favorit Ciwidey Bandung, Cocok Untuk Liburan Lebaran

Kepala Dinas Pendidikan (kadisdik) Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan sejauh ini ia masih mendapatkan adanya laporan ijazah siswa yang ditahan pihak sekolah karena masalah administrasi. Menurutnya, hal tersebut tak diperbolehkan apalagi di sekolah negeri.

“Kalau di negeri itu kan tidak ada pembayaran SPP, dan memang tidak boleh sama sekali menahan ijazah. Nah di swasta juga sama (tidak boleh menahan ijazah) meski itu dikelola misalnya oleh yayasan, namun pihak sekolah nanti berkomunikasi dan berurusan dengan orangtua, jangan menahan ijazah, karena itu hak siswa,” tutur Dedi.

Baca Juga:  Tak Hanya Putar Balik, Masyarakat yang Nekat Mudik Juga Bakal Dikenakan Sanksi

Menurut Dedi, ijazah merupakan hak bagi seluruh siswa baik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya, atau untuk kebutuhan melamar kerja. “Jadi program ini kesempatan bagi para siswa untuk mengambil ijazahnya masih ada di sekolah,” katanya.

Baca Juga:  Roy Suryo Bilang Cawapres Prabowo Berinisial A

Di samping itu, Disdik Jabar tengah menyiapkan sistem bagi para orang tua siswa untuk melaporkan jika masih ada ijazah yang ditahan oleh pihak sekolah.

“Kita masih godok sistem tersebut agar bisa digunakan oleh orangtua siswa untuk melaporkan atau memberikan informasi terkait adanya ijazah yang ditahan oleh pihak sekolah. Sistem tersebut nanti akan di-launching bertepatan pada Hari Pendidikan Nasional,” katanya. (Red)