Janji Anggota DPR RI Soal Pulau Berhala Serdang Bedagai Belum Terealisasi

JABARNEWS I SERDANG BEDAGAI – Janji anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Serdang Bedagai terkait pembenahan pulau Berhala sebagai destinasi wisata dan pembenahan sarana internet belum terealisasi.

Pulau Berhala salah satu pulau terluar Indonesia berada di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Hutan yang asri, terumbu karang yang indah serta air laut jernih dihiasi bebatuan membuat pulau Berhala terlihat indah.

Namun sampai saat ini pulau Berhala belum layak menjadi destinasi wisata. Ini terlihat dari pembenahan belum juga dilakukan, baik sarana penginapan bagi wisatawan, sarana angkutan belum mendukung. Bahkan alat komunikasi tidak dapat dilakukan akibat sarana internet belum ada sama sekali.

Baca Juga:  Ini Keputusan Gubernur Jawa Barat Soal PSBB Wilayah Bodebek

Seperti janji diberikan anggota DPR RI daerah pemilihan Sumatera utara 1, M Husni, saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Serdang Bedagai dalam rangka membahas pembangunan pulau Berhala sebagai titik pusat pengembangan wawasan bela negara di Indonesia bagian barat dengan konsep ‘Eco Marine Tourism’.

Selaku anggota DPR RI, ia bertanggungjawab dalam menerobos Kementerian terkait dalam memajukan pulau Berhala bagian dari pulau terluar di wilayah barat menjadi lokasi objek wisata.

“Pulau Berhala merupakan pulau terluar di bagian Barat Indonesia akan menjadi salah satu destinasi wisata,” katanya.

Baca Juga:  Samsung Pastikan Tak Akan Tunda Peluncuran Galaxy Note 20 dan Fold 2

Ia berjanji, akan mendukung pembenahan pulau Berhala ke Kementerian terkait. Selain itu masalah hewan penyu yang banyak ditemukan di pulau Berhala sudah mendapat tanggapan positif dari Kementerian Perikanan.

“DPR RI sangat mendukung usulan Pemkab Serdang Bedagai dalam memajukan pulau berhala menjadi lokasi wisata dan kawasan bela negara,” ucap Husni.

Menurut dia, pulau Berhala sangat strategis digembangkan sebagai lokasi destinasi wisata olahraga menyelam. Melihat kawasan tersebut pulau terluar Indonesia dan lokasinya sangat mendukung.

“Kita juga akan usulkan perairan pulau Berhala menjadi lokasi destinasi wisata menyelam,” bilangnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Asril Hamzah Tanjung saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Serdang Bedagai dalam rangka meninjau akses internet Universal Services Obligation (USO) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Baca Juga:  Liga 1 dan 2 Indonesia Siap Dilanjutkan, Berikut Infonya

“Kunjungan kerja ini untuk melihat sejauh mana akses internet sampai ke daerah khususnya daerah perbatasan agar akses internet dapat merata di seluruh Nusantara,” katanya.

Menurutnya, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) sedang menjalankan program USO bekerjasama dengan PT Infokom Elektrindo sebagai penyedia jasa telekomunikasi dengan membangun akses internet di daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar).

“Kunjungan kerja dilakukan pihak DPR RI dalam melihat hasil kinerja program yang dilakukan KEMKOMINFO melalui BAKTI,” ucap Asril. (Ptr)