Masak Kangkung Pake Oli, Warga Sumedang Ini Sebabkan Keluarganya Masuk RS

JABARNEWS | SUMEDANG – Masak kangkung menggunakan oli, satu keluarga asal Kampung Awilega, Desa Cikareo Utara, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, keracunan saat melaksanakan buka puasa, pada Rabu (28/4/2021) malam.

Kini enam orang yang tergabung dalam satu keluarga tersebut harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang karena sempat mengalami mual dan muntah-muntah setelah mengkonsumsi hidangan berbuka puasa.

Baca Juga:  Kulkas Kalian Mendadak Tidak Bisa Dingin? Awas, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Dedeh Rosita (43) selaku korban menyatakan, kejadian tersebut terjadi saat dirinya tidak sengaja memasak kangkung menggunakan oli untuk menu berbuka puasa.

“Salah ngambil (minyak), dikiranya minyak goreng, ternyata itu oli liter. Soalnya seminggu lalu anak saya disuruh beli oli liter, saya pikir sudah dimasukin ke motor, ternyata belum,” ujarnya dilansir dari Tribunjabar.com, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga:  Pemkab Majalengka Luncurkan Program Sisumaker, Ini Kata Karna Sobahi

Sambungnya oli tersebut dibungkus menggunakan plastik bening, sehingga jika dilihat secara tampilan hampir sama dengan minyak goreng seperti biasanya.

Serta, ia mengatakan, kesalahan tersebut terjadi karena dia sedang terburu-buru mengejar waktu untuk memasak hidangan berbuka puasa. dan kebetulan di rumahnya tidak ada minyak goreng.

Baca Juga:  Pelaku Pemukulan Perawat di Garut Terancam Hukuman 2 Tahun Penjara

“Saya masak tumis kangkung jam 17.30 WIB, waktunya mau buka puasa. Jadi karena waktunya mepet banget saya tergesa-gesa,” kata Dedeh.

Menurutnya, Karena rasanya yang tertutupi dengan pedas, jadi kangkung yang digoreng menggunakan oli itu terasa biasa saja.

“Kalau pas dimakan (rasanya) biasa saja, mungkin karena rasa (oli) tertutup sama rasa yang pedas,” ucapnya. (Red)