Akibat Kiriman Air Hujan, Tebing Jalan di Puncak Cianjur Longsor

JABARNEWS | JAKARTA – Longsor tebing setinggi 10 meter dengan panjang 38 meter terjadi pada Rabu (28/4/2021) malam sekitar pukul 20.30 WIB, di Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Longsor yang terjadi tepatnya di di Jalan Nasional Kampung Jemprak, juga membuat bangunan Bioskop d’Cinema terlihat mengalami rusak parah di bagian basement.

“Longsoran tersebut terjadi karena adanya kiriman aliran air dari atas dan menyebabkan saluran air jebol. Jadi ini kiriman air dari atas, pasca terjadinya hujan lebat yang terjadi pada Rabu (28/4/2021) malam kemarin,” kata Hari Suko, Balai Besar Pelakasnaan Jalan Nasional DKI Jakarta bersama rombongan Kementerian PUPR meninjau langsung lokasi longsoran tersebut, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga:  Angka Kematian Covid-19 Tertinggi Kedua di Jabar, Ini Langkah Pemkab Tasikmalaya

Menurutnya, setelah dilakukan pengecekan ke lokasi pihaknya akan melakukan perbaikan tapi tidak bisa selesai sebelum Lebaran tahun ini.

“Akan kembali dilakukan perbaikan, tapi butuh waktu yang lumayan. Karena kami upayakan ke depan tak lagi terjadi hal yang serupa,” kata Hari.

Baca Juga:  Jenis Mobil Yang Kurang Diminati Di Indonesia, Kalian Punya Salah Satunya?

Sekretaris Desa Ciloto, Anwar, mengatakan, sebelumnya hujan lebat mengguyur di sekitaran wilayah Puncak Ciloto.

Menurutnya, longsor tebing atau parkiran Bioskop d’Cinema tersebut terjadi karena aliran air menyumbat di bagian drainase depan bioskop.

“Dampak dari longsoran tersebut, ada dua rumah warga yang terkena banjir, dan satu mobil truk pengangkut hebel yang terperosok di parkiran Bioskop d’Cinema tersebut,” kata Anwar dilansir dari tribum.

Baca Juga:  Andreas Hugo Pareira: Komisi X Harus Jadi Mitra Kritis Pemerintah

Anwar mengatakan, dampak dari peristiwa tersebut sebagian bangunan bioskop tersebut mengalami kerusakan.

“Saya lihat beberapa titik bangunan Bioskop d’Cinema ada yang rusak,” katanya.

Dikatakan Anwar, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Petugas yang turun langsung dari pihak kepolisian dan juga dibantu TNI dari Koramil 04 Pacet, dan Dinas PUPR,” ujarnya. (Red)