Wisata Curug Cipurut, Tempat Favorit Liburan Lebaran Di Purwakarta

JABARNEWS | BANDUNG – Selain wisata kotanya, Purwakarta juga merupakan tempat bersejarah dan kaya akan budaya, jangan lupa untuk memasukkan Curug Cipurut ke daftar wajib sebagai tujuan berlibur dan rekreasi alam.

Objek wisata berupa air terjun ini termasuk dalam kekayaan alam Kabupaten Purwakarta. Dalam satu kawasan, pengunjung dapat berkemah, menikmati keindahan air terjun, bermain air di sungai yang jernih, sambil diselimuti sejuknya udara pegunungan yang bersih.

Baca Juga:  Pengeluaran Ritel Melonjak, Pembangunan di Kawasan Timur Bakal Perkuat Posisi Eastlakes

Curug Cipurut merupakan air terjun yang berada di Kabupaten Purwakarta, tepatnya di Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa. Air terjun ini adalah bagian dari kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang.

Lokasi curugnya cukup tersembunyi dan membutuhkan sedikit tenaga ekstra untuk bisa dicapai. Namun, ternyata letaknya relatif dekat dari jalan raya. Dilengkapi area perkemahan yang nyaman, Cair terjun ini bisa jadi destinasi menarik untuk wisata keluarga maupun kerabat.

Baca Juga:  Batalyon Armed 9 Kostrad Kirim Pasukan Amankan Pelantikan Presiden

Perjalanan ke Curug Cipurut diawali dari jalur trekking dari area parkir. Pengunjung harus menyusuri jalan setapak sempit untuk bisa sampai ke lokasi curug. Jalan ini berupa tanah merah yang akan licin ketika hujan tiba.

Jarak yang akan ditempuh kurang lebih sekitar 1 kilometer. Rute ini akan membawa pengunjung melintasi hutan Gunung Burangrang. Selain itu, pengunjung juga akan melewati kawasan perkebunan teh.

Jalur trekking selain masih berupa tanah, juga melewati daerah berkontur curam. Sangat disarankan menggunakan alas kaki yang nyaman seperti sandal gunung atau sepatu olahraga. Jalurnya yang menantang juga cocok bagi pecinta olahraga sepeda.

Baca Juga:  KPK Akan Periksa 30 Orang Anggota DPRD Kabupaten Bekasi

Pengunjung dapat berhenti sejenak dan beristirahat di tengah jalan. Nikmati keindahan panorama kebun teh di sekeliling yang menyegarkan sambil melepas lelah. Sambil menghirup udara segar dataran tinggi, kumpulkan tenaga untuk melanjutkan perjalanan. (Red)