Cegah Pemudik Lalui Jalan Tikus, Pemkab Ciamis Siapkan 10 Posko Penyekatan

JABARNEWS | CIAMIS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis telah menyiapkan 10 posko untuk pengamanan, pemeriksaan, sampai penyekatan kendaraan. Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari kebijakan larangan mudik.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis Achmad Yani mengatakan, ke-10 posko tersebut disiapkan untuk mengawasi dan menyekat para pengendara roda dua maupun roda empat. Dishub bekerjasama dengan Satgas Covid-19 dalam pelaksanaan penyekatan tersebut.

“Kita ikuti perkembangan dari pusat. Aturan dari pusat sudah jelas untuk disikapi mengenai larangan mudik di masa pandemi Covid-19,” kata Yani, Kamis (29/4/2021)

Baca Juga:  Dampingi Buruh, Serikat Pekerja Bekasi Buka Posko Aduan THR 2021

Dia menjelaskan, Penyekatan akan dilaksanakan pada tanggal 6-17 Mei. Namun Yani mengakui, ditengarai yang mudik lebih awal.

“Dishub akan menyiapkan 10 posko. Tujuh posko pengawasan dan tiga posko penyekatan. Namun meskipun ada pengendara yang sudah di rapid test ataupun PCR lebih dari 24 jam kita akan suruh pengendara untuk putar balik,” jelasnya.

Baca Juga:  Euleuh!....Awas Miras Dimana-mana!!

Selain itu, Yani mengungkapkan, penyekatan pada jalan tikus sangat efektif lagi oleh PPKM Mikro di desa. Karena desa yang lebih tahu dan setiap jalan-jalan tikus untuk dipantau lebih ketat, ditakutkan ada para pengendara yang melewati jalan tikus tersebut.

“Bila ada yang terpapar covid-19 desa harus menyiapkan tempat untuk isolasi demi menjaga penularan Covid-19 pada warga yang lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Gempa Bumi Mengguncang Pulau Samosir di Danau Toba

Yani menambahkan, dengan adanya larangan mudik ini.Jasa angkutan umum, perusahaan maupun awaknya sendiri pasti akan mengalami anjlok. Namun Dishub telah berkoordinasi dengan pemerintah dan mengusulkan awak angkutan umum yang benar-benar terdampak diberi santunan sembako.

“Kita telah mengusulkan agar para awak angkutan yang terdampak untuk di berikan santunan sembako sebagai bentuk perhatian kepada para awak angkutan,” tutupnya. (Red)