Mengenang Sejarah, Dandim 0204 Deli Serdang Renovasi Tugu Merah Putih

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Dandim 0204 Deli Serdang, Letkol Kav Jackie Yudhantara, renovasi tugu merah putih di Jalan Merdeka, Dusun 3, Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (30/4/2021).

“Lokasi ini tonggak pertama berkibarnya bendera merah putih di Tanjung Beringin setelah Indonesia merdeka,” ucapnya.

Dijelaskannya, sejarah perjuangan kemerdekaan di Kabupaten Serdang Bedagai tidak terlepas dari tugu merah putih yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin. Lokasi sekarang dibangun tugu merah putih tempat pertama kali berkibar bendera merah putih di Kabupaten Serdang Bedagai.

Baca Juga:  Pria Ini Bertugas Selama 24 Tahun Jadi Pengendara Ular Besi

“Pengibaran bendera merah putih dilakukan seorang pejuang asal Kecamatan Tanjung Beringin setelah Indonesia merdeka tanggal 17 Agustus 1945,” ungkap Letkol Kav Jackie Yudhantara

Katanya, dengan telah direnovasi tugu merah putih di Jalan Merdeka ini, kiranya masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin agar menjaga serta merawat tugu tersebut. Sebab tugu ini bentuk sejarah perjuangan masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin mengibarkan bendera merah putih setelah Indonesia merdeka.

Baca Juga:  Pilkada 2020, Benarkah PKS Depok Usung Kembali Mohammad Idris?

“Saya berharap masyarakat agar menjaga dan merawat tugu ini, karena tugu ini tempat sejarah perjuangan masyarakat dalam mengibarkan bendera merah putih setelah Indonesia merdeka,” bilangnya.

Di Tempat terpisah, Veteran RI asal Kabupaten Serdang Bedagai, Adenan (80) menjelaskan, pengibaran bendera merah putih pertama kali di Kecamatan Tanjung Beringin olah seorang laskar Benteng Laut (Bela) bernama Halus pada tanggal 11 November 1945.

“Yang pertama mengibarkan bendera merah putih seorang laskar Benteng Laut bernama Halus,” katanya.

Baca Juga:  Kemenkeu Tunda Pencairan DAU Kota Cimahi, Ini Sebabnya

Ia menjelaskan, awalnya seorang sopir truk dari suku etnis Tionghoa asal Tanjung Beringin, Ahai baru pulang dari Medan menceritakan Indonesia sudah merdeka. Mendengar informasi itu Halus langsung mengambil bendera merah putih dan mengibarkannya dilokasi ini.

“Diketahui Indonesia sudah merdeka dari seorang sopir truk, kemudian Halus spontan mengambil bendera merah putih dan mengibarkan sekaligus memasangnya di jalan ini,” ucap Adenan. (ptr).