Diterjang Puting Beliung, Begini Kondisi Rumah di Darangdan Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Puluhan rumah di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta rusak diterjang angin puting beliung, pada Jumat (30/4/2021).

Selain merusak sejumlah rumah, angin puting beliung juga mengakibatkan beberapa pohon tumbang di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta.

“Awalnya, hujan lebat yang disertai angin puting beliung, terjadi di Desa kami sekira pukul 16.30 WIB,” ungkap Kepala Desa Mekarsari, Sutisna, saat dihubungi melalui telepon selulernya, pada Jumat (30/4/2021) petang.

Baca Juga:  Ganjar Pranowo Didoakan Netizen Jadi Presiden Palestina Gegara Hal Ini

Akibat kencangnya angin tersebut, lanjut dia, sejumlah genteng rumah warga pun sempat berterbangan dan sejumlah pohon timbang.

“Hampir di setiap RW/RT di wilayah Desa Mekarsari terdampak angin kencang atau mirip puting beliung. Jumlah pastinya rumah warga yang rusak, saat ini masih di data untuk kemudian dilaporkan ke pihak terkait” jelas Sutisna.

Sebagai evakuasi awal, Kata Sutisna, sejumlah aparat desa bersama warga melakukan perbaikan hingga menjauhkan pohon yang menimpa rumah.

Baca Juga:  Soal Dugaan Korupsi Anggaran Covid-19, Kejari Baru Tangani Desa Ini

Selain rumah, tambah dia, sejumlah area pesawahan pun turut disapu angin kencang yang terjadi sekitar beberapa menit tersebut.

“Iya, area pesawahan pun turut terdampak, padahal rata- rata sawah tersebut sudah siap panen” ucapnya.

Sementara, Neng Aliya (28) salah satu warga Mekarsari menuturkan jika dalam peristiwa itu tidak hanya hujan disertai angin, bahkan beberapa saat sempat terjadi hujan es.

Ia menjelaskan, peristiwa itu sempat membuat keluarga dan tetangganya panik hingga keluar rumah. Padahal saat itu, dirinya sedang mempersiapkan keperluan untuk buka puasa hari itu. 

Baca Juga:  Ngeri, Ini Pemicu Hancurnya Badan Pesawat Lion Air

“Saya sangat panik dan takut rumah ambruk atau terjadi hal lebih buruk lagi makanya saya lari keluar rumah. Anginnya cukup kencang, antena TV saya pun tumbang dan dinding rumah tetangga saya runtuh,” jelasnya.

Meski dalam peristiwa tersebut tidak terdapat korban jiwa, namun kerugian materi ditaksir hingga puluhan juta rupiah. (Gin)