Bisa Picu Kebakaran, Ngatiyana Minta Masyarakat di Cimahi Tidak Nyalakan Petasan

JABARNEWS | CIMAHI – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cimahi Ngatiyana mengimbau masyarakat agar berhati-hati dan tetap waspada akan kondisi sekitar yang dapat memicu kejadian kebakaran. Kejadian kebakaran tersebut menurut Ngatiyana bisa diakibatkan akibat petasan atau mercon ataupun kembang api.

Ngatiyana berharap kepada seluruh masyarakat Cimahi jangan terlalu euforia (kegembiraan) yang berlebihan. Ungkapan Ngatiyana tersebut, terkait kejadian kebakaran yang dialami bangunan gudang di Jalan Pojok Kelurahan Setiamanah Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi.

Baca Juga:  Karena Ini, Polrestabes Bandung Panggil PT PBB dan Bobotoh

Diduga, api berasal dari percikan mercon yang dimainkan anak-anak setempat, hal ini tegas Ngatiyana dapat dijadikan cermin yang akan merugikan semua.

“Ternyata sekarang terbukti ada akibatnya, karena percikan api benda yang dianggap mainan tersebut malah ada musibah kebakaran, hal ini menjadi bukti dampaknya bisa merugikan,” kata Ngatiyana belum lama ini.

Bahkan secara tegas, Ngatiyana akan membuat surat edaran kepada masyarakat agar tidak menyalakan petasan, mercon, kembang api, dan sebagainya.

Baca Juga:  Adanya Konten Porno di WhatsApp, Kominfo Bertindak Cepat

“Diharapkan ke masyarakat agar tidak nyalakan kembang api, petasan dan sejenis lainnya, karena petasan tersebut bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain serta membahayakan,” jelasnya.

Ngatiyana mengaku bahwa di musim kemarau merupakan potensi bencana kebakaran di Kota Cimahi akan meningkat. Apalagi, lanjut dia, ditambah dengan banyaknya permukiman di dalam gang sehingga bisa terkendala jika terjadi kebakaran.

Baca Juga:  Polisi Harus Jujur Dan Adil

“Sekarang sudah jarang hujan, tentunya potensi kebakaran harus diantisipasi dan jangan sampai terjadi. Tetap waspada dan jangan lengah, terutama saat memasak pakai tungku kompor, penggunaan alat elektronik, diharapkan jangan lengah,” ungkapnya.

“Kalau jaringan listrik kira-kira sudah tua segera lakukan perbaikan, jangan pasang lilin dekat benda mudah terbakar. Hal-hal seperti ini yang dapat memicu kebakaran,” tutupnya.(Red)