Tiga Curug di Jabar Ini Tidak Kalah Keren Dibandingkan Pantai dan Pegunungan

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) memperkenalkan tiga objek wisata air terjun atau curug yang tak kalah indah dibandingkan pantai atau pegunungan.

“Kalau berbicara soal objek wisata, Jawa Barat tak hanya terkenal dengan pantai dan pegunungannya yang indah saja. Wilayah yang terbagi menjadi 18 kabupaten dan 9 kota ini juga memiliki potensi wisata yang tak kalah keren, yakni air terjun atau curug,” kata Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik, di Bandung, Senin (3/5/2021), seperti dilansir Antara.

Dedi mengatakan sejumlah objek wisata air terjun di Jawa Barat bisa menjadi alternatif pelesir bagi anda yang bosan dengan pantai atau wisata swafoto semata.

Berikut ialah tiga objek wisata air terjun atau curug yang bisa menjadi salah satu daftar tujuan berlibur.

Pertama ialah Curug Jagapati. Curug Jagapati terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kaupaten Garut yang berjarak sekitar dua jam perjalanan dari Jalan Raya Garut-Cikajang.

Baca Juga:  Keren.. Bupati Ciamis Programkan Umroh Gratis Bagi Guru Ngaji

Untuk menuju curug, wisatawan hanya perlu berjalan kaki. Karena itu wisatawan disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman.

Selain dimanjakan pemandangan air terjun yang eksotis, wisatawan juga akan disuguhi rindang dan asrinya pepohonan di sekitar lokasi. Salah satu tujuan favorit pengunjung untuk datang kesini yaitu berfoto dengan latar air terjun yang indah.

Wisatawan juga bisa menikmati kolam renang alami yang cocok untuk menyegarkan badan setelah perjalanan menuju ke Curug Jagapati. Airnya yang jernih bisa jadi penawar penat.

Kedua ialah Curug Cikondang. Curug Cikondang belakangan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang mulai banyak didatangi wisatawan.

Lokasinya ada di Desa Sungkadana, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Cianjur.

Curug Cikondang punya karakter yang unik jika dibandingkan curug lainnya. Curug Cikondang relatif tak terlalu tinggi namun punya badan yang cukup lebar. Bahkan, Curug Cikondang kerap dijuluki mini Niagara.

Baca Juga:  Sambangi 9 Titik di Kota Bandung, Ini Agenda Politik Besar Muhammad Farhan

Paduan air terjun yang indah dan panorama alam yang hijau bisa menyegarkan mata dan menenangkan jiwa.

Tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai daerah yang menjadikan Curug Cikondang sebagai tujuan wisata khususnya di akhir pekan.

Selain bisa menikmati indahnya panorama dari atas air terjun dan pemandangan alam di sekitarnya yang hijau dan asri, di sana juga bisa mengadu adrenaline dengan “Canyoning” tepat di dalam curug tersebut. Pastinya safety karena ada tim lifeguard yang memandu wisatawan di sana.

Curug Cikondang juga menyediakan fasilitas lahan untuk tenda wisatawan yang mau bermalam di dekat Curug Cikondang loh. Bisa dibayangkan serunya menginap sambil ditemani suara derasnya air Curug Cikondang.

Ketiga ialah Curug Cikaso. Kalau yang satu ini namanya Curug Cikaso yang menjadi salah satu air terjun paling keren di Jawa Barat. Curug Cikaso merupakan salah satu bagian dari Geopark Ciletuh.

Baca Juga:  Plt Bupati Cianjur: Dampak Covid-19, Standarisasi Kesehatan Mengacu Prokes 3M

Lokasinya di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Untuk sampai ke Curug Cikaso, dari pintu masuk destinasi, wisatawan bisa menggunakan perahu sekitar satu kilometer menyusuri sebuah sungai atau bisa jalan kaki sambil melihat persawahan dan pepohonan.

Curug Cikaso menawarkan Keindahan air terjun yang Jernih berwarna hijau kebiruan yang dikelilingi Pepohonan yang rimbun. Saking indahnya banyak wisatawan yang menganggap Curug ini seperti lukisan Loh.

Air dari Curug Cikaso ini memiliki tiga jalur air terjun canti yang diberi nama Curug Asepan (kiri), Curug Meong (tengah) dan Curug Aki (kanan).

Ketiga tumpahan air tersebut ditampung sebuah kolam besar yang asyik untuk berenang atau bermain air. Selain airnya yang mengalir dengan sangat deras curug Ini juga memiliki air yang cukup segar dan indah. (Red)