BMKG Laporkan Gempa Telah Guncang Nias Barat dan Danau Toba

JABARNEWS | NIAS BARAT – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 3.3 guncang Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Selasa (4/5/2021) pukul 00.04 WIB.

Data BMKG, episenter titik gempa berada di titik 0.13 Lintang Utara, 98.69 Bujur Timur pada jarak 126 Km Barat Daya, Kabupaten Nias barat, di kedalaman 73 Km.

Baca Juga:  Peralihan KTP Elektronik dari Fisik ke Digital di Purwakarta Butuh Waktu Panjang

Sebelumnya gempa bumi dengan magnitudo 2.1 terjadi di sekitaran danau Toba di Kabupaten Toba Samosir, Senin (3/5/2021) pukul 22.95 WIB. Episenter titik gempa berada di titik 2.53 Lintang Utara, 98.93 Bujur Timur pada jarak 4 Km Barat Laut, Kabupaten Toba Samosir, di kedalaman 1 Km.

Baca Juga:  Ditikam Teman, Pria Asal Medan Tewas Mengenaskan

Balai BMKG Regional I Medan, Eridawati mengatakan, gempa bumi terjadi di Kabupaten nias barat disebabkan aktivitas subduksi dan gempa bumi di sekitaran danau Toba disebabkan oleh intrusi fluida.

“Gempa bumi tidak berpotensi tsunami dan tidak ada laporan dirasakan oleh masyarakat sekitar,” ucapnya.

Terpisah, Kepala BPBD Nias Barat, Filippo Daeli mengatakan, tidak ada laporan dari masyarakat dampak gempa bumi dengan magnitudo 3.3 di Kabupaten Nias Barat. Tapi pihaknya tetap minta masyarakat agar waspada.

Baca Juga:  Karena Pendek, Warga Pangandaran Tak Suka Alat Kontrasepsi Kondom

“Tidak dirasakan masyarakat, tapi kita minta mereka tetap waspada dengan terjadinya gempa beberapa kali di Nias Barat,” terangnya. (Ptr)