Petugas Akan Tutup Delapan Jalur U-turn di Karawang, Ini Tujuannya

JABARNEWS | KARAWANG – Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang akan menutup perputaran kendaraan (U-turn) di sepanjang ruas jalan arteri untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas pada musim libur Lebaran 2021.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Karawang Ade Safrudin mengatakan ada delapan perputaran kendaraan yang akan ditutup di antaranya pom bensin Klari, jalan lingkar luar jalan baru, Jl Tarumanegara atau akses tol Karawang Barat, serta di Cikampek, dan menuju arah Pantura.

Baca Juga:  Sehari Hilang Usai Hanyut di Irigasi Pelem, Bocah 8 Tahun di Karawang Ditemukan Tewas

“Penutupan U-Turn, ini diutamakan di lokasi-lokasi rawan kecelakaan. Tujuannya, untuk meminimalisasi antrean akibat adanya kendaraan yang putar balik, serta meminimalisasi kecelakaan,” ujar Ade, melalui rilisnya, Selasa (4/5/2021).

Akan tetapi, penutupan U-turn ini akan dilaksanakan secara tentatif serta sudah adanya koordinasi dengan aparat kepolisian.

Selain penutupan U-turn, di wilayah ini akan ada penyekatan kendaraan di 14 titik dengan dua prioritas utama, yakni di akses Gerbang Tol Karawang Barat dan Tanjungpura, Karawang. Kemudian ada lima titik perbatasan dengan Kabupaten Bekasi yang juga bakal dipantau petugas gabungan.

Baca Juga:  Awal Tahun 2020, Polres Purwakarta Gelar Syukuran

“Titik-titik itu merupakan gerbang keluar dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang diterapkan aglomerasi. Masyarakat di wilayah itu diperbolehkan mudik lokal se-Jabodetabek,” ujarnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Taman Edukasi

Mulai 6-17 Mei, operasional Terminal Klari akan ditutup sehingga tidak ada layanan bus angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP) dan antar kota antar provinsi (AKAP).

Dengan kebijakan ini, pihaknya mengingatkan agen-agen bus yang berada di luar Terminal Klari seperti di Bunderan Karawang Barat, Bunderan Perumnas dan Jalan Niaga untuk tutup dan tidak melayani warga yang mudik. (Red)