Pemudik Sepeda Motor Mulai Ramai Lintasi Jalur Cirebon

JABARNEWS | CIREBON – Para pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai ramai melintasi jalur arteri Cirebon, Jawa Barat, rerata memilih pulang awal untuk menghindari penyekatan mulai 6 Mei 2021.

Dilansir dari Antara, Selasa (4/5/2021), pemudik mengaku mengambil cuti lebih awal, agar ia bisa pulang kampung halaman dan bisa lolos dari penyekatan yang dilakukan kepolisian.

“Nanti pas tanggal 6 kan ada penyekatan, makanya saya memilih pulang lebih awal,” kata pemudik asal Kabupaten Pemalang Aji Satrio di Cirebon.

Baca Juga:  Adanya Aturan Kominfo, Penjualan Kartu Perdana di Purwakarta Menurun

Selama perjalanan dari Jakarta, kata Aji, ia tidak menemui adanya pemeriksaan dari pihak kepolisian, namun sesampainya di Kota Cirebon, baru ada penyekatan.

“Baru di sini saya kena penyekatan, tapi untungnya masih bisa melanjutkan perjalanan setelah di tes cepat,” tuturnya.

Sementara pemudik lainnya yang berasal dari Kabupaten Purbalingga Edi mengatakan hal yang sama yaitu untuk menghindari penyekatan, karena nanti ketika pulang setelah tanggal 6 Mei bisa diminta putar balik.

Baca Juga:  Peduli Lansia, Alumi AKABRI 90 Serahkan Ratusan Paket Sembako di Serdang Bedagai

“Di Jakarta sudah tidak ada pekerjaan, ya mending mudik, kan yang dilarang tanggal 6,” katanya.

Sementara Kasat Lantas Polres Cirebon Kota AKP La Ode Habibi Ade Jama mengatakan saat ini pihaknya sudah mulai melakukan pra pengetatan para pemudik, sehingga semua kendaraan berpelat nomor luar daerah sudah tidak diperkenankan lagi melintas di Kota Cirebon.

Baca Juga:  Pasca Gempa Bumi Cianjur, Sekdes Sabandar Karangtengah Rumah Rusak Hapir 1000 Unit

Pra pengetatan, lanjut Habibi, dilakukan mulai dari tanggal 22 Mei sampai 5 April 202, di mana pihaknya sudah memutar balikkan kendaraan yang bernomor polisi dan ber KTP luar daerah.

“Kami sudah melakukan pra pengetatan dari 22 April sampai 5 Mei, dengan melakukan putar balik kendaraan pemudik,” katanya. (Red)