Pedagang dan Satpol PP Cianjur Terlibat Bentrok, Diduga ini Penyebabnya

JABARNEWS | CIANJUR – Diduga karena salah paham, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pedagang terlibat bentrokan di Kantor Satpol PP Kabupaten Cianjur pada Selasa (04/05/2021). Bentrokan tersebut mengakibatkan sejumlah orang luka dan beberapa kaca kantor pecah.

Kepala Satpol PP Cianjur, Hendri Prasetyadi mengungkapkan aksi tersebut berawal dari kesalahpahaman, Ia menegaskan bahwa anggotanya tidak mengucapkan kata yang tak pantas saat penertiban.

“Tidak ada, tidak pernah ucapkan kata tidak pantas. Penertibannya kan dengan saya. Tapi sebelum dilakukan mediasi, kelompok massa yang mengatasnamakan pedagang tersebut malah sudah emosi dan menyerang petugas hingga memecahkan kaca,” ujar dia.

Baca Juga:  Waspada, Banyak Copet Berkeliaran di Lokasi TOF 2017

Menurutnya yang mengalami luka merupakan dari kelompok massa perwakilan pedagang, sedangkan dari petugas tidak ada yang terluka.

“Luka juga karena ulah sendiri memecahkan kaca, sehingga tangannya terkena serpihan,” ucap dia.

Ditanya terkait adanya dugaan pungli, Hendri, mengaku pihaknya sudah meminta agar disebutkan nama petugas yang meminta pungutan tersebut.

“Jika memang ada, silakan laporkan dan sebutkan siapa petugasnya. Kami akan tindak tegas jika memang terbukti,” pungkasnya.

Baca Juga:  Polres Bogor Terapkan Car Free Night di Kawasan Puncak pada Malam Tahun Baru, Begini Skemanya

Sementara itu, menurut salah seorang Perwakilan Pedagang Galih Widyaswara mengatakan, Pedagang merasa keberatan dengan penertiban, lantaran mereka mengaku sudah membayar sejumlah uang agar bisa berjualan di momen Ramadan hingga Idul Fitri.

“Jadi kita keberatan dengan sikat petugas, kita sudah bayar uang setoran ke salah seorang petugas tapi masih tetap ditertibkan,” ujarnya dilansir dari detik.com

Baca Juga:  Caladium Mulai Digandrungi, Pria Ini Alih Profesi Jadi Penjual Tanaman Hias

Ketegangan antar petugas yang sedang berada di kantor dan perwakilan pedagang terjadi saat pedagang menyebut adanya anggota Satpol PP yang berkata tidak pantas saat menertibkan pedagang.

Bentrokan pun terjadi usai perwakilan pedagang saling dorong dengan petugas hingga akhirnya malah memecahkan kaca di salah satu ruangan Kantor Satpol PP Cianjur.

Akibatnya seorang perwakilan pedagang mengalami luka di bagian tangan usai terkena serpihan kaca yang pecah. (Red)