Live Stream Bandung 132 TV


Domba Garut Hotman Paris Harganya Ditaksir Rp100 Juta, Ini Keistimewaannya

Ketua HPDKI Kabupaten Garut Riki Muhamad Sidiq menunjukkan domba garut unggulan di Pamidangan Anugrah, Citiis, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. (Foto: Antara/Feri Purnama)

Domba yang dipertandingkan harus satu kelas dengan jumlah pukulan maksimal 20 kali, meskipun di tengah pertandingan wasit bisa memberhentikannya apabila ada masalah yang bisa membahayakan domba.

Menurut Ketua HPDKI Kabupaten Garut Riki Muhamad Sidiq, domba garut bisa memiliki nilai istimewa apabila juara di pamidangan, untuk itu banyak peternak mengikutsertakan domba garutnya bertanding agar bisa diukur keistimewaannya.

Baca Juga:

Waduh, Setiap Hari Ada 200-an Kasus COVID-19 di Garut

Ada ASN Terdeteksi Positif COVID-19, 13 Kantor Dinas di Garut Ditutup



Tradisi adu ketangkasan domba garut itu, kata Riki, menjadi jembatan meningkatkan pamor domba garut, dan bisa memberikan keuntungan bagi peternaknya karena ada transaksi jual beli domba saat pamidangan berlangsung.

Pemerintah saat ini berupaya melakukan langkah konkret menjaga genetika domba garut seperti halnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendirikan Balai Pengembangan Pembibitan Ternak Domba dan Kambing (BPPTDK) Margawati di Kabupaten Garut.

Balai tersebut bertujuan untuk menjaga keaslian genetika domba garut, kemudian hasilnya didistribusikan ke seluruh peternak di daerah Jawa Barat untuk kebutuhan pedaging, dan bagi pejantan yang memiliki kriteria sebagai domba tangkas akan dilatih untuk bisa tampil di pamidangan.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5
Tags : Garut Domba Garut Hotman Paris Pamidangan Anugrah Citiis Tarogong HPDKI Kabupaten Garut

berita terkait

Asal-Usul Angklung Badeng Sebagai Kesenian Khas Garut Jawa Barat

Kantor Setda Garut Ditutup, Banyak ASN Positif Covid-19

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi