Kaki Kalian Terkena Banyak Kutu Air? Hilangkan Dengan Cara Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Kutu air atau tinea pedis adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur Dermatophyte. Jamur tersebut banyak ditemukan di tempat lembab, seperti kamar mandi, lingkungan kolam, pancuran air, ruang ganti, dan fasilitas olahraga lainnya.

Kutu air Sering menyebabkan kulit terasa gatal bahkan jika dibiarkan akan mengakibatkan infeksi berupa kaki pecah-pecah, dan menebal. Selain itu, efek dari kutu air ini juga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Oleh sebab itu, berikut kami rangkum beberapa cara atasi kutu air pada kaki dengan cara alami. Diantaranya yakni:

Baca Juga:  Wabah Corona Meluas, Karyawan Pabrik di Subang Dirumahkan

Pertama. Bawang Putih – Menurut sebuah studi yang dilansir dari Healthline, bawang putih memiliki sifat antijamur dan antimikroba. Dalam proses uji, peneliti memberikan krim mengandung bawang putih kepada 34 peserta selama tujuh hari ke bagian tubuh yang terkena kutu air.

Pada akhir penelitian, sebanyak 24 peserta melaporkan bahwa infeksi kutu air yang dialami mereka membaik. Cara mengobatinya mudah, hancurkan empat hingga lima siung bawang putih. Setelah itu, gosokkan ke area yang terkena. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga:  BPN Lakukan Musyawarah Terkait Penggantian Tanah Untuk Lahan Tol Cimaci

Kedua. Tea Tree Oil – Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini, tea tree oil atau minyak pohon teh dapat digunakan sebagai obat alami kutu air. Sebab, tea tree oil memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antijamur.

Dikutip dari penelitian yang diterbitkan oleh The Australasian Journal of Dermatology, mengoleskan tea tree oil setiap hari selama beberapa minggu dapat mengobati gejala kutu air dan infeksi jamur.

Baca Juga:  Setelah Nakes, Pedagang Pasar Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19

Ketiga. Teh Hijau – Dokter Dyah Novita mengatakan green tea atau teh hijau bisa dijadikan sebagai obat alami kutu air karena mengandung polyphenols. Zat polyphenols mengandung sifat antijamur yang bisa mengatasi penyebab kutu air.

Lalu, diwartakan dari Insider, sebuah uji klinis kecil tahun 2013 juga menuturkan, merendam kaki ke dalam air mengandung polyphenols dapat memperbaiki gejala kutu air yang dialami lansia. (Red)