Buka Puasa Pakai Es Cendol, Puluhan Warga Sukabumi Keracunan

JABARNEWS I SUKABUMI – Puluhan warga mengalami keracunan usai menyantap es cendol saat buka puasa pada Rabu (5/5/2021).

Peristiwa keracunan massal itu terjadi di Kampung Cileungsir, RT 42 RW 10, Desa Sindangresmi, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Anita Larasati mengaku mendapat laporan keracunan massal itu dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Jampangtengah.

Baca Juga:  Hukuman Roy Suryo Diperberat Hakim Pengadilan Tinggi Jakarta

Berdasarkan update hingga pukul 20.30 WIB, menurut dia, saat ini terdapat 34 warga yang mengalami keracunan usai menyantap hidangan es cendol saat buka puasa.

“Iya, sekarang totalnya ada 34 warga. Tiga warga diantaranya sudah dilarikan ke Faskes Puskesmas Jampangtengah dan 31 warga lainnya masih dalam pemeriksaan tim medis,” kata Anita Larasati.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Jalin Kerjasama Dengan Prancis

Puluhan warga tersebut mengalami keracunan massal setelah memakan es cendol yang didapat dari pedagang keliling yang berada di kampung itu.

“Mereka kebanyakan mengalami gejala mual-mual dan mencret. Sekarang petugas masih berada di lokasi dan melakukan penanganan serta penyisiran di lokasi kejadian,” katanya.

Baca Juga:  Kapolresta Deli Serdang Serahkan Piagam Penghargaan Kepada Tenaga Medis

Dia menyebutkan, 2 unit ambulance dan 1 unit kendaraan TRC BPBD sudah di lokasi. Sebanyak 8 unit kendaraan dari komunitas juga dalam perjalanan ke lokasi untuk menolong warga yang keracunan.

“Iya, tiga warga dirujuk ke Rumah Sakit dan ada juga sebagian yang dibawa ke Puskesmas, karena kondisinya mengkhawatirkan,” katanya. (Red)