Warga di Sukabumi Keracunan Usai Buka Puasa, Polisi Amankan Pedagang Es Cendol

JABARNEWS | SUKABUMI – Pedagang es cendol keliling yang mengakibatkan puluhan warga di Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi keracunan berhasil diamankan polisi.

Sebelumnya, sekitar 45 warga dua desa mengalami gejala keracunan usai menyantap es cendol tersebut saat berbuka puasa pada Rabu,(5/5/2021).

Kapolsek Jampang Tengah AKP Usep Nurdin mengabarkan bahwa pedagang es cendol keliling tersebut sudah diamankan pihak kepolisian.

Baca Juga:  Geger, Warga Cianjur Temukan Buaya Muara Sepanjang 1,5 Meter

“Iya Pedagang es cendol kelilingnya sudah kami amankan,” kata Usep.

Dia menyampaikan bahwa pedagang es cendol ini dijemput dari rumahnya sekitar pukul 23.00 WIB setelah mendapatkan laporan dari para korban keracunan.

Saat ini, status pedagang tersebut masih saksi untuk diminta keterangan lebih jauh soal es cendol yang dijualnya. Pedagang berinisial AJ usia 36 tahun diketahui sebagai warga Desa Sindangresmi Kecamatan Jampangtengah.

Baca Juga:  Kabar Duka, Suami Dari Bupati Bogor Meninggal Dunia

“Pedagangnya itu masih warga di lokasi kejadian keracunan juga, jadi kami amankan ke polsek untuk penyelidikan,” ucapnya.

Polisi juga sudah mengamankan sejumlah barang bukti, sampel es cendol dan bahan pembuatnya. Untuk kemudian diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi melalui petugas lapangan.

Polisi akan menunggu hasil pemeriksaan BPOM untuk memastikan unsur pidana dalam kasus keracunan yang menimpa 45 warga dari dua desa di Kecamatan Jampangtengah ini.

Baca Juga:  Waduh, 100 Pegawai Bulog Terancam Dipecat

Diketahui sebelumnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menetapkan status KLB (Kejadian Luar Biasa) untuk kasus keracunan es cendol menu buka puasa ini.

Dampak keracunan ini meluas, data terkini menyebut ada 44 warga yang mengalami keracunan dari dua desa, yaitu Sindangresmi dan Tanjungsari. (Red)