Halau Pemudik ke Ciamis, Ratusan Petugas Gabungan Diterjunkan

JABARNEWS | CIAMIS – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, ratusan personel akan diterjunkan beberapa titik penyekatan untuk mengamankan pemudik. Ratusan personel gabungan tersebut untuk menghalau pemudik yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Ciamis.

“Nantinya, petugas ini akan bertugas menghalau pemudik dari kota besar di sejumlah titik penyekatan di wilayah Kabupaten Ciamis,” kata Herdiat saat kegiatan gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021, di Halaman Pendopo Ciamis, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga:  Puluhan ASN Sergai Jalani Rapid Test dan Swab, Ini Hasilnya

Menururnya, saat ini sudah banyak masyarakat yang mudik sebelum waktunya. “Maka dari itu, posko Desa dan RT/RW harus siaga dan aktif untuk menghalau pemudik,” ucapnya.

Herdiat menjelaskan, jika ada masyarakat yang sudah mudik dan ada di Ciamis, terlebih dahulu harus isolasi mandiri dulu. Namun, jika membawa hasil tes rapid antigen atau Swab PCR negatif Covid-19 maka tidak melakukan isolasi.

Baca Juga:  BPBD: Ada 65 Rumah Warga Ciamis Rusak Akibat Gempa Pangandaran

“Hal tersebut dilakukan supaya tidak ada lagi lonjakan kasus Covid-19 pasca lebaran nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana menyampaikan, untuk mengamankan pemudik, pihaknya telah membentuk empat posko penyekatan di wilayah hukum Polres Ciamis.

Baca Juga:  Bupati Garut : Santri Harus Bisa Jadi Pemersatu Bangsa

“Pos Cihaurbeuti, pos Panawangan, pos Karangkamulyan dan Pos Kalipucang,” ucap Hendria.

Dia mengungkapkan, saat ini masih pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar jangan mudik dahulu.

“Kita khawatir setelah lebaran nanti jika masyarakat mudik akan ada lonjakan kasus Covid-19,” pungkasnya. (Red)