Ridwan Kamil Mencuat Jadi Capres 2024, Diusung Golkar atau Duet Dengan Airlangga?

JABARNEWS | BANDUNG – Nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali mencuat sebagai salah seorang tokoh dan kepala daerah yang potensial untuk menjadi Calon Presiden (Capres) di Pemilu 2024.

Pengamat politik Kunto Adi Wibowo mengatakan bahwa berdasarkan hasil survei nama Ridwan Kamil memiliki elektabilitas dan popularitas yang tinggi. Hal tersebut merupakan bekal untuk menjadi Capres 2024.

“Di Jabar ada beberapa tokoh yang mengemuka (untuk jadi Capres), salah satunya Ridwan Kamil yang mengemuka,” kata Kunto kepada wartawan usai bincang politik Soksi Jabar, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga:  Warga Purwakarta Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19, Ini Kata Ambu Anne

Lebih jauh, dia menjelaskan bahwa pihaknya juga melakukan kajian di Jabar misalnya mengemuka orang Jabar sendiri terutama yang milenial. Dalam kajian itu, milenial justru tidak mengajukan nama-nama tokoh muda Jabar.

“Nah, ini juga jadi auto kritik bagi untuk kajian yang lebih mendalam tentang apa yang dipikirkan oleh pemilih milenial, jangan-jangan mereka ikut milih yang lebih tua maksudnya ikut dengan orang tua mereka cara berpikirnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Bandung Raya Berpeluang Berawan, Jabar Potensi Hujan Sore Jelang Malam

Terkait pemilih pemula, Kunto menyoroti Partai Golkar. Menurutnya, generasi muda Golkar ini harus punya banyak pilihan, sosialisasi politik mereka lebih luas.

“Nah, ini Partai Golkar harus berkompetisi dengan partai lain untuk menjadi sosialisasi awal terutama untuk pemilih pemula,” tuturnya.

Baca Juga:  Wakil Ketua KPK: Kesejahteraan ASN Kota Bandung Keren

Sementara itu, Ketua Depidar Soksi Jabar Yod Mintaraga menyatakan bahwa Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi calon potensial yang diperhitungkan sebagai Capres 2024.

Bahkan, dia sudah mempunyai bahan untuk proses pemenangan Airlangga jadi Capres 2024 di Jabar.

“Keluarga besar Soksi Jabar menjadi bagian dari kekuatan Partai Golkar. Karena tentu partai Golkar harus memiliki Capres tersendiri di pilpres nanti,” ucap Yod. (RNU)