Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Sukabumi, Ini Pengakuan Kades Cimerang

JABARNEWS | SUKABUMI – Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengumumkan bahwa seorang terduga teroris berinisial YI ditangkap Densus 88 Antiteror Polri di Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi.

YI memiliki peran merencanakan dan membuat bom di rumah terduga teroris Husein Hasni alias HH. “Perannya merencanakan dan membuat bom di rumah HH,” kata Ramadhan, Kamis (6/5/2021).

Ramadhan belum merinci lebih detail terkait kronologis penangkapan hingga barang bukti yang diamankan dalam penangkapan ini. Dia hanya menyampaikan bahwa YI akan dibawa ke Polda Metro Jaya pada Jumat, 7 Mei 2021.

Baca Juga:  Penunjukkan Plt Kadisdik Garut Baru Terkesan Dipaksakan

“Akan dibawa ke polda metro jaya untuk diinterogasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Cimerang Nyanyang Resmana mengatakan berdasarkan informasi yang ia terima, penangkapan dilakukan pada Kamis, 6 Mei 2021 pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

“Yang bersangkutan bukan warga Cimerang, tapi warga Jakarta. Hanya bertamu,” ucap Resmana.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, YI alias Jerry datang ke Cimerang, Purabaya untuk menemui beberapa orang pintar, meminta pertolongan agar dia tak ditangkap polisi.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Harian Virgo, Anda Akan Dapat Memenuhi Kewajiban Harian Anda

“Yang bersangkutan mendatangi tiga orang. Lokasi pertama empat jam, tempat kedua 10 jam, dan di tempat terakhir satu malam. Cari orang pintar untuk menutupi masalah dia,” ujarnya.

Lebih lanjut Resmana menegaskan warga tak ada yang mengetahui bahwa YI adalah DPO terorisme yang sedang diburu Densus 88. “Alhamdulillah warga Cimerang tidak ada yang terlibat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri menangkap Husein Hasni di Condet, Jakarta Timur, pada Senin, 29 Maret 2021 lalu. Di saat bersamaan Densus 88 juga menangkap tiga terduga teroris lainnya berinisial ZA (37), BS (43), dan AJ (46) di Desa Sukasari, Cibarusah, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Capricorn, Aquarius dan Pisces

Dari dua lokasi penangkapan terduga teroris itu, Densus 88 Antiteror Polri berhasil mengamankan lima bom aktif. Bom tersebut menggunakan bahan dasar peledak TATP (triaceton triperoxide) atau biasa dikenal dengan nama The Mother of Satan.

Selain itu, Densus 88 Antiteror Polri juga turut mengamankan sejumlah atribut Front Pembela Islam (FPI). Salah satunya, yakni kartu identitas Wakil Ketua Bidang Jihad FPI atas nama Husein Hasni. (Red)