Lima Cara Ampuh Atasi Kesehatan Gigi dan Bau Mulut Saat Berpuasa

JABARNEWS | BANDUNG – Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh akan kekurangan cairan akibat jarang mengkonsumsi air putih. Akibatnya, produksi air liur akan berkurang dan dapat menjadi pemicu munculnya gangguan pada gigi dan mulut. Untuk itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa sangat penting dilakukan.

Memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut tentu membuat seseorang merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa.

Baca Juga:  Software Kependudukan Buatan Anak Desa Diapresiasi Pj. Bupati Purwakarta

Oleh sebab itu, dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cara menjaga kesehatan gigi saat berpuasa.

Pertama. Hindari Konsumsi Makanan yang Lengket saat sahur – Salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa yaitu hindari konsumsi makanan yang lengket. Beberapa makanan yang memiliki tekstur lengket seperti coklat, sereal, hingga keju bisa menyebabkan penumpukan karang gigi dan membahayakan kesehatan gigi dan mulut.

Kedua. Sikat Gigi Setelah Berbuka dan Sahur – Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa selanjutnya, yaitu menyikat gigi setelah berbuka dan sahur. Menyikat gigi setelah buka dan sahur sangat penting untuk mencegah gangguan pada gigi dan mulut.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Puskesmas Keliling Optimalkan Vaksinasi Covid-19

Ketiga. Konsumsi Buah dan Sayur – Buah dan sayur memiliki kandungan serat tinggi yang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa. Dengan mengonsumsi buah dan sayur secara teratur, dapat mengembalikan zat mineral pada gigi.

Keempat. Gunakan Pembersih Lidah – Bau mulut atau halitosis disebabkan karena beberapa bakteri, seperti Bacteroides Louiskhaii, Centipeda Periodonti hingga Prevotella Melaninogenica. Beberapa bakteri tersebut apabila tidak segera dibersihkan maka dapat menimbulkan senyawa bau tak sedap di dalam mulut.

Baca Juga:  Sukses Jadi YouTuber, Deddy Corbuzier Kerap Diteror hingga Ancaman Pembunuhan

Kelima. Minum Air Putih Secukupnya – Salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang paling mudah dengan minum air putih secukupnya. Minum air putih dapat berfungsi efektif untuk menjaga agar nafas tetap segar. (Red)