Gunung Sinabung Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 1500 Meter

JABARNEWS I KARO – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu 1500 meter diatas puncak (± 3.460 m di atas permukaan laut), Kamis (6/5/2021).

Pos Pemantau gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Armen Putra membenarkan gunung Sinabung mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu 1500 meter kearah Tenggara.

Baca Juga:  Hujan Deras Guyur Bandung, Kawasan Gedebage Terendam Banjir

“Benar, Sinabung erupsi dengan tinggi kolom abu 1500 meter,” katanya.

Menurutnya, jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Masyarakat dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak gunung Sinabung.

Baca Juga:  Satgas TMMD bersama Warga Bersihkan Saluran Parit

“Kita himbau masyarakat tetap menggunakan masker apabila terjadi hujan abu vulkanik,” ucapnya.

Terpisah, seorang warga Sarianto Sembiring mengatakan, semburan awan panas berasal dari erupsi gunung Sinabung begitu jelas terlihat masyarakat, mengingat saat terjadi erupsi, cuaca sekitar gunung Sinabung cerah dan berawan.

Baca Juga:  CEK FAKTA: Benarkah Vaksin Sinovac Bisa Perbesar Ukuran Alat Kelamin?

“Erupsi gunung Sinabung sangat jelas terlihat, tidak begitu besar sehingga abu vulkanik tidak begitu terlihat di permukiman warga,” terangnya. (ptr)