PP Muhammadiyah Kutuk Keras Serangan Israel ke Warga Palestina di Al-Aqsa

JABARNEWS | JAKARTA – PP Muhammadiyah mengutuk keras aksi yang dilakukan oleh polisi Israel di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem saat bentrok dengan warga sipil.

PP Muhammadiyah menilai kekerasan yang dilakukan Israel terdapat warga Palestina yang sedang beribadah itu merampas hak rakyat Palestina.

“PP Muhammadiyah mengutuk dengan keras sikap dan tindakan Israel yang menembaki jamaah yang sedang menyelenggarakan shalat tarawih. Tindakan ini benar-benar tidak bisa diterima karena Israel benar-benar telah merampas semua hak rakyat Palestina,” kata Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas dalam keterangan yang diterima, Minggu (9/5/2021).

Baca Juga:  Begini Strategi Kota Depok dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi

Anwar Abbas mengungkapkan bahwa Israel tidak hanya merampas tanah milik rakyat Palestina. Namun juga menginjak-injak kebebasan rakyat Palestina saat beribadah.

“Mereka tidak hanya merampas tanah-tanah milik rakyat dan bangsa Palestina dan menggusur mereka dari tanah dan rumah tempat tinggal mereka untuk dibangun perkampungan baru bagi rakyat Israel. Mereka juga telah menginjak-injak hak rakyat Palestina yang beragama Islam untuk beribadah dan melaksanakan shalat tarawih dengan membubarkan dan menembaki mereka yang sedang beribadah tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sembarangan! Pemuda di Sukabumi Temukan Kantong Jenazah di Sungai Cigunung

Anwar Abbas menegaskan, Muhammadiyah mendesak agar PBB menghentikan kekerasan yang dilakukan Israel kepada warga Palestina. Dia menekankan bahwa hak-hak warga Palestina harus segera dikembalikan.

“Untuk itu PP Muhammadiyah mengutuk dengan keras tindakan biadab yang telah mereka lakukan terhadap rakyat Palestina. PP Muhammadiyah mendesak PBB untuk mengutuk dan menghentikan tindakan mereka yang tidak berperikemanusiaan tersebut dan mengembalikan tanah serta hak-hak rakyat Palestina yang telah mereka rampas dan rusak tersebut,” tegasnya.

Baca Juga:  Jelang Ramadhan, Korban Gempa di Cugenang Cianjur Masih Tinggal di Rumah Terpal

Sebelumnya, bentrokan berdarah antara polisi Israel dengan warga Palestina yang ada di masjid Al-Aqsa pecah. Bentrokan yang membuat ratusan orang terluka ini terjadi usai buka puasa.

Sedikitnya 178 warga Palestina mengalami luka-luka dalam bentrokan dengan polisi Israel di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, pada Jumat (7/5/2021) malam waktu setempat. Polisi Israel menggunakan peluru karet dan granat kejut terhadap warga Palestina yang melemparkan batu ke arah mereka. (Red)