Capaian Vaksinasi Covid-19 di Purwakarta Baru 27 Persen

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta menyampaikan, vaksinasi Covid-19 sudah dilakukan sebanyak tiga tahap. secara keseluruhan vaksinasi Covid-19 di Purwakarta sudah lebih dari 27 persen.

Kepala Dinkes Kabupaten Purwakarta Deni Darmawan mengatakan, persentase tersebut, merupakan akumulasi vaksin dosis satu dan dosis dua. Tahap pertama dengan sasaran tenaga kesehatan dan unsur Forkopimda.

Baca Juga:  Tutup Porprov XIV, Ridwan Kamil Berharap Jabar Bisa Juara di PON Aceh Mendatang

Kemudian, tahap kedua dengan menyasar petugas publik, termasuk awak media. Adapun tahapan ketiga, yakni menyasar para lansia.

“Dari tiga tahap itu, akumulasinya mencapai 27,97 persen,” kata Deni, Sabtu (8/5/2021).

Menurutnya, akumulasi 27,97 persen ini, dengan rincian, dosis pertama yang telah divaksin sebanyak 20.564 orang atau 16 persen. Sedangkan yang dosis kedua, sudah menyasar 15.378 orang atau sudah 11,97 persen.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Pastikan Kesiapan Jajaran Jelang Libur Nataru 2021

Dengan capaian ini, lanjut Deni, capaian vaksinasi lumayan tinggi. Apalagi, minat masyarakat yang ingin divaksin juga cukup tinggi.

Akan tetapi, yang menjadi kendala adalah ketersedian vaksinnya. Mengingat, sampai saat ini vaksin untuk Covid-19 ini masih tersentral dari pusat ke provinsi.

Adapun daerah, menunggu droping dari provinsi. Sedangkan tenaga medis yang ada di Purwakarta, sambungnya, sudah sangat siap dalam menjalankan vaksinasi ini.

Baca Juga:  Peringati HPSN, Uu Ruzhanul Ulum Perkuat Fungsi Bank Sampah

Bahkan, petugas di 20 puskesmas sudah siaga untuk melayani warga, terutama yang lansia jika ingin divaksin.

“Selain itu, pada tahap tiga dengan sasaran lansia ini, layanan vaksinasi agak lambat. Karena, lansia yang ingin disuntik vaksin tidak setinggi warga usia produktif,” tutupnya. (Red)