Pengumuman! Pemkot Tasikmalaya Larang Shalat Id di Masjid Agung

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya melarang Shalat Id di Masjid Agung Tasikmalaya saat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Hal tersebut sebagai upaya untuk mencegah kerumunan dan interaksi orang yang dikhawatirkan terjadi penularan Covid-19.

“Masjid Agung tidak diperbolehkan melaksanakan kegiatan Shalat Id, kalau sebagian ada yang maksa tolong diimbau mereka, kalau ke masjid sekitar diperbolehkan,” kata Plt Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf di Tasikmalaya, Minggu (10/5/2021).

Baca Juga:  Info Loker Terbaru, Perusahaan Karawang Ini Perlu 15 Pegawai Posisi Operator Produksi

Dia mengungkapkan, sesuai instruksi Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk daerah zona merah penyebaran wabah Covid-19 agar tidak melaksanakan Shalat Id di masjid besar di daerahnya.

Alasan Masjid Agung tidak dibuka untuk kegiatan Shalat Id, lanjut Yusuf, karena khawatir akan banyak orang berdatangan dari berbagai daerah kemudian tidak bisa dicegah kerumunan orang, dan juga sulit mendisiplinkan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Inilah Tiga Manfaat Labu Siam, Salah Satunya Meningkatkan Daya Ingat

“Ketika masjid penuh, meski sudah menerapkan protokol kesehatan mereka tetap akan berdesakan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dia mengimbau jamaah agar melaksanakan Shalat Id di masjid maupun di lapangan terbuka di lingkungan rumahnya masing-masing agar tidak terlalu banyak kerumunan orangnya. “Silakan Shalat Id di masjid sekitar atau di lapang sekitar,” imbaunya.

Yusuf menambahkan selain larangan Shalat Id di Masjid Agung, Pemkot Tasikmalaya juga menerapkan aturan tidak boleh melakukan takbir keliling saat malam Idul Fitri.

Baca Juga:  Unggul Versi Quick Qount, Paslon Sukarno Banjir Ucapan Selamat

Dia juga berharap semua elemen masyarakat dapat bekerja sama menerapkan protokol kesehatan di momentum Hari Raya Idul Fitri agar tidak terjadi peningkatan kasus penularan Covid-19 di Kota Tasikmalaya.

“Saya minta semua jaga protokol kesehatan dengan ketat, kelemahan kita itu kan orang tidak tertib dan tidak disiplin,” tutupnya. (Red)