BMKG Laporkan Gempa Bumi Guncang Tapanuli Selatan dan Dairi

JABARNEWS | TAPANULI SELATAN – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika melaporkan terjadi gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 3.5 di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Senin (10/5/2021) pukul 12/05 WIB

Plt BBMKG Regional 1 Medan, Eridawati menjelaskan, episenter terletak pada titik koordinat 1.43 Lintang Utara dan 99.08 Bujur Timur BT pada jarak 35 km Baratlaut, Kabupaten Tapanuli Selatan dikedalaman 90 km.

Baca Juga:  Banyak Korban Kekerasan Seksual Enggan Lapor, Rafih Sri Wulandari Soroti Kabijakan UU TPKS

“Ditinjau dari kedalaman gempanya juga cukup dalam, sampai saat ini tidak ada laporan dirasakan masyarakat,” ucapnya.

Kata dia, selain Tapanuli Selatan, gempa bumi dengan magnitudo 2.2 terjadi di Kabupaten Dairi pada pukul 07.30 WIB. Episenter terletak pada titik koordinat 2.84 Lintang Utara dan 98.51 Bujur Timur BT pada jarak 23 km Timurlaut, Kabupaten Dairi dikedalaman 5 km.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Terjunkan Ratusan Personil Amankan Pawai Obor & Bedug

“Hari ini terjadi gempa di Kabupaten Dairi dan Tapanuli Selatan, namun skala kecil,” bilang Eridawati.

Terpisah, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tapanuli Selatan, Hotmatua Rambe mengatakan, gempa bumi terjadi di Kabupaten Tapanuli Selatan selama dua hari ini tidak ada dirasakan masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Jembatan Penghubung Antara Kabupaten Serdang bedagai Rusak Parah, Butuh Perhatian Pemerintah

“Gempa tadi tidak ada dirasakan masyarakat, tapi kita minta masyarakat tetap waspada apabila terjadi gempa,” ucapnya. (Ptr)