Sumedang Lenglang Pemudik, Petugas Prediksi Puncak Arus H-1 Lebaran

JABARNEWS | SUMEDANG – Arus lalu lintas terpantau belum terjadi lonjakan di di Pos Penyekatan Cibeusi, Jatinangor, baik dari kedua arah, Senin (10/5/2021) siang.

Kondisi arus lalu lintas dari arah Bandung maupun Sumedang masih terpantau ramai lancar dan sama sekali tidak terjadi kepadatan.

Begitu pun dengan kondisi di Pos Penyekatan Cimanggung, yang berada Jalan Raya Bandung-Garut. Di sini, kondisi arus lalu lintas juga masih terpantau lengang, bahkan cenderung sepi.

Baca Juga:  Awas, Cimahi Terancam Masuk Zona Merah Covid-19 Lagi

“Hingga saat ini, di Sumedang belum terjadi lonjakan signifikan,” ujar Kasatlantas Polres Sumedang AKP Eryda Kusumah di Pos Penyekatan mudik Cimanggun, dilansir dari tribun.

Namun, pihaknya memprediksi puncak warga yang nekat mudik akan terjadi pada H-1 Lebaran sehingga polisi sudah meyiapkan antisipasi dengan cara lebih memperketat penyekatan.

Baca Juga:  Ilegal.. Kominfo Diminta Blokir Semua Situs Binomo

Hingga saat ini, kata Eryda, kendaraan yang masuk ke wilayah Kabupaten Sumedang masih didominasi oleh kendaraan berpelat B atau Jakarta dan D atau Bandung.

“Hingga hari kelima larangan mudik, arus kendaraan pemudik di Sumedang masih landai. Mungkin di Sumedang ini puncak arus kendaraan akan terjadi pada H-1 Lebaran” katanya.

Baca Juga:  Si Jago Merah Lahap Dua Toko Bangunan di Medan

Pihaknya juga sudah membuat skema untuk antisipasi kedatangan warga yang memaksa mudik tersebut saat H-1 Lebaran, terutama saat malam takbiran.

“Skemanya tetap melakukan penyekatan di titik- titik penyekatan, tapi di tengah kota ada Pos PAM, yang nantinya akan mengatur titik yang dimungkinkan terjadinya kepadatan arus lalu lintas,” ujar Eryda. (Red)