Napi Lapas Sukamiskin Tidak Boleh Dikunjungi Keluarga, Ini Alasannya

JABARNEWS | BANDUNG – Narapidana (Napi) Korupsi DI Lapas Sukamiskin tak diizinkan bertemu keluarga saat momen lebaran 2021. Pelaksanaan saat Idul Fitri sendiri dilakukan di dalam lapas tanpa ada orang luar.

Seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Jawa Barat tidak menerima kunjungan saat hari raya Idul Fitri. Para narapidana bakal disiapkan video call untuk bersilaturahmi dengan keluarga.

“Nggak ada, nggak ada (menerima kunjungan),” ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Taufiqurrakhman dilansir dari Detik.com

Baca Juga:  63.000 Warga Kabupaten Bandung Belum Terekam Data e-KTP

Taufik menjelaskan larangan itu sudah berlaku sejak pandemi COVID-19 terjadi di Indonesia. Bahkan saat lebaran tahun lalu pun, aturan yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan ini sudah berlaku.

“Ini kan dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid-19 dan itu sudah berlaku sejak awal pandemi, sudah setahun,” kata dia.

Baca Juga:  Pastikan Zero Miras, Sejumlah Lokasi Rutin Di Razia

Sementara itu, Kalapas Sukamiskin Elly Yuzar mengatakan, untuk keluarga dan kerabat yang ingin berkunjung ke Lapas Sukamiskin saat momen Lebaran tidak diperbolehkan.

“Untuk keluarga dan kerabat tidak bisa menjenguk karena masih dalam pandemi COVID-19,” ujarnya dilansir dari detik.com pada Selasa (11/05/20231)

Elly mengatakan sebelumnya ada beberapa keluarga narapidana yang hendak menjenguk saat momen lebaran. Akan tetapi, atas berbagai pertimbangan, izin tidak diberikan.

Baca Juga:  Operasi Zebra di Bandung Jaring 500 Pelanggar Lalu Lintas per Hari

“Keluarga bisa lewat video call,” kata Elly.

untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri, kata Elly, para napi koruptor tersebut akan mengikuti shalat yang digelar di dalam lapas. Shalat berjamaah itu pun hanya diikuti oleh para napi dan pegawai di Lapas Sukamiskin.

“Kita pasti menjalankan protokol kesehatan. Total warga binaan di sini sekitar 390-an. Tapi tidak semua ikut salat Id kan,” tuturnya. (Red)