Jelang Lebaran, Harga Cabai Merah Hingga Daging Ayam Mulai Naik

JABARNEWS | JAKARTA – Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) melaporkan harga pangan, secara nasional rata-rata mengalami kenaikan pada pada cabai merah keriting, cabai rawit merah, daging sapi, dan daging ayam.

Berdasarkan data panel BKP Kementan seperti yang dilansir Antara, Selasa (11/5/2021), harga cabai merah keriting per 10 Mei 2021 mencapai Rp40.139 naik dibandingkan 4 Mei 2021 sebesar Rp36.914 per kilogram. Kemudian harga cabai rawit merah naik menjadi Rp63.652 dari sebelumnya Rp61.247 per kilogram.

Harga rata-rata daging sapi secara nasional juga naik menjadi Rp129.861 dibandingkan pekan sebelumnya di kisaran Rp125.574 per kilogram. Harga daging ayam juga mulai naik menjadi Rp37.272 dari pekan sebelumnya yang stabil di kisaran harga Rp36.506 per kilogram.

Baca Juga:  GGW Kritisi Kasus Suap Di BKD Garut

Kenaikan harga terjadi di hampir seluruh bahan pangan pokok lain di tingkat konsumen, meski tidak sebesar peningkatan pada harga cabai dan daging. Harga pangan seperti beras, bawang merah, bawang putih, telur ayam, gula pasir, dan minyak goreng naik dibandingkan pekan sebelumnya.

Sejak akhir April hingga awal Mei 2021 BKP Kementan mencatat harga pangan pokok di tingkat konsumen masih relatif stabil tanpa ada lonjakan harga yang signifikan. Namun harga mulai merangkak naik sejak 7 Mei hingga hari ini saat Hari Raya Idul Fitri kian dekat.

Baca Juga:  Tanggulangi Kemiskinan, Wagub Uu: Kami Butuh Berkolaborasi

Pemerintah mengupayakan Gelar Pangan Murah oleh Pasar Mitra Tani Kementan yang dilaksanakan dalam menyikapi dinamika pasokan dan harga pangan jelang Lebaran. Pasar Mitra Tani menjual pangan pokok dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasaran yang bisa diakses di gerai Pasar Mitra Tani seluruh provinsi ataupun dipesan secara daring.

Pasar Mitra Tani juga memberikan fasilitas belanja daring gratis ongkir di berbagai aplikasi seperti GrabMart, marketplace milik Pasar Mitra Tani Kementan yaitu PasTani, BukaLapak dan juga GoFood.

Baca Juga:  Kantor OPD di Purwakarta Didorong Siapkan Ruang Laktasi

Selain Kementan, BUMN pangan Perum Bulog juga menyediakan berbagai pangan murah seperti daging, beras, dan minyak goreng yang harganya lebih murah dibandingkan harga di pasar.

Bulog menjual daging kerbau dan daging sapi beku di toko resmi iPanganandotcom di Shopee dengan harga murah dan gratis ongkos kirim untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar. (Red)