Sore Ini Tak Akan Tampak Hilal, BMKG: Besok Masih Ramadhan

JABARNEWS | JAKARTA – Kepala Pusat (Kapus) Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Rahmat Triyono, menyatakan besok masih bulan Ramadhan. Hilal tidak akan tampak sore ini.

Rahmat awalnya menjelaskan alasan pengamatan hilal dilakukan hari ini. Menurutnya, pengamatan hilal memang harus dilakukan setiap 29 Ramadhan.

“Jadi kan hari ini sebetulnya kenapa dilaksanakan pengamatan hilal hari ini, karena pengamatan hilal itu setiap tanggal 29 bulan komariah. Jatuhnya itu tanggal 29 Ramadhan, ya hari ini, makanya dilaksanakan pengamat hilal hari ini sekaligus sidang isbat hari ini,” kata Rahmat, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga:  Banjir Jakarta, Anies Baswedan: Atas Izin Allah Satu Hari Kering

Berdasarkan data hisab atau secara astronomi, posisi hilal di seluruh Indonesia akan negatif sore hari nanti. Menurut Rahmat, elongasi atau jima (sudut antara dua benda langit terhadap satu titik acuan tertentu) baru akan terjadi dini hari nanti.

Baca Juga:  Dukung Gerakan Literasi, Pemkot Bandung Akan Dirikan Rak Buku Di Trotoar

“Artinya hari ini, sore ini, bulan itu tenggelam duluan dari ufuk barat, (setelah itu) bulan masuk, baru matahari masuk. Jadi sudah jelas dalam posisi seperti ini, hari ini tidak akan nampak hilal, secara astronomi tidak akan nampak hilal,” terang Rahmat.

“Karena tidak nampak hilal, tentunya besoknya itu masih bulan yang sama, artinya bulan Ramadhan. Artinya, kalau hari ini tidak nampak hilal, tanggal 12 (besok) itu masih bulan Ramadhan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Sebelum Tatap Muka, Semua Guru di Cianjur Harus Divaksin Covid-19

Lebih lanjut, berdasarkan data hisab BMKG, hilal akan terlihat besok, Rabu (12/5). Rahmat menyebut tinggi hilal besok sudah positif.

“Nah untuk besoknya, besok sorenya itu tinggi hilalnya sudah positif. Berdasarkan data hisab kami, besoknya itu sudah positif. Kan pengamat hilalnya sore atau menjelang magrib besok. Kalau besok sudah positif, artinya besok itu sudah nampak (hilal),” ucapnya. (Red)