Petugas Dinsos dan Satpol PP Razia Puluhan Pengemis di Kota Sukabumi

JABARNEWS | SUKABUMI – Petugas gabungan Dinas Sosial (Dinsos) dan Satpol PP merazia serta mengamankan puluhan anak jalanan dan pengemis yang berada di sejumlah ruas jalan Kota Sukabumi, Selasa (11/5/2021).

Razia Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) ini dilakukan petugas dengan menyasar tujuh titik tempat biasa para anjal dan pengemis berada. Selain Satpol PP, kegiatan ini juga melibatkan TKSK, PSM, Karang Taruna, dan Tagana.

Baca Juga:  Inilah Ciri-ciri Hamil Muda, Salah satunya Keputihan

“Kita laksanakan kegiatan razia anjal dan pengemis dengan tujuan penjangkauan pelayanan dan bimbingan sosial, bersama Satpol PP Kota Sukabumi,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi, perlindungan, dan Jaminan Sosial pada Dinsos Kota Sukabumi, Abdul Muiz.

Dalam penjangkauan tersebut sedikitnya ada sekitar 27 anjal dan pengemis yang diamankan dan dibawa ke Kantor Dinsos Kota Sukabumi. “Disini (Dinsos) kita akan lakukan pendataan, asesmen, dan bimbingan sosial terhadap mereka,” ucapnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Berduka Atas Kecelakaan Maut Di Cikidang-Sukabumi

Dalam kegiatan ini, lanjut Muiz, PMKS yang terjaring didominasi oleh pengemis, adapun anjal hanya beberapa orang anak saja. Mereka merupakan warga Kota Sukabumi dan beberapa dari luar daerah.

“Penjaringan ini dilakukan setelah sebelumnya melakukan penjangkauan, dan hari ini penjaringan sebagai puncaknya,” ujarnya.

Baca Juga:  81 Ribu Saksi Deddy-Dedi Siap Amankan Data Perolehan Suara di Seluruh TPS

Muiz menambahkan, permasalahan meningkatnya PMKS seperti, anjal, gepeng, dan pemulung ini kerap meningkat disaat bulan Ramadhan.

Bahkan, sambung Muiz, bisa disebut sebagai musiman. Dinsos setempat pun telah melakukan penjangkauan terhadap mereka sejak tanggal 3 Mei lalu hingga hari ini.

“Sebetulnya PMKS yang terjaring hari ini sudah menurun, karena memang kita sudah lakukan penjangkauan dari sebelumnya,” pungkasnya. (Red)