Lewat Doodle Hari Ini, Google Ingatkan Lagi Pentingnya Pakai Masker

JABARNEWS | BANDUNG – Google memperingatkan semua orang mengenai pentingnya menggunakan masker penutup wajah dan menjaga jarak lewat doodle yang muncul di halaman utama pencarian pada hari ini, Rabu (12/5/2021).

Peringatan ini mendesak semua orang untuk melakukan tindakan pencegahan demi melindungi diri dan orang lain dari pandemi virus Corona (Covid-19).

Meskipun vaksin Covid-19 telah ditemukan, bukan berarti masyarakat bisa lengah dan tidak mematuhi protokol kesehatan lagi.

Sebelumnya, doodle serupa telah muncul pada April lalu, namun tampaknya Google sengaja menampilkannya lagi untuk memperingatkan dan mempertegas pentingnya penggunaan masker di tengah pandemi.

Baca Juga:  Begini Dampak Yang Ditimbulkan Jika Kalian Terkena HIV AIDS

Doodle tersebut menampilkan kata “Google” yang memiliki kaki. Masing-masing huruf awalnya berdiri berdekatan sambil memakai masker.

Huruf “G” pertama dan “E” terakhir tampak mengenakan masker medis, namun tiba-tiba mengeluarkan masker berwarna dan memiliki motif hati, lalu memakainya. Setelahnya, huruf-huruf tersebut bergerak saling berjauhan, menunjukkan salah satu protokol untuk tetap menjaga jarak fisik.

Saat ini, penggunaan masker sangat beragam. Tidak hanya masker medis, namun juga masker kain yang memiliki motif dan warna yang menarik.

Dalam laman resmi Google doodle tertulis, “Masker masih penting. Gunakan masker dan selamatkan nyawa.Karena Covid-19 terus berdampak pada komunitas di seluruh dunia, bantu hentikan penyebaran dengan mengikuti langkah-langkah ini” dan memberikan tautan yang akan membawa pengguna ke daftar apa saja yang harus dilakukan untuk tindakan pencegahan.

Baca Juga:  11-13 April Ada Rekam Massal E-KTP

Selain itu, tautan tersebut juga menampilkan peta negara dari mana pengguna berasal dan jumlah kasus virus Corona yang terkonfirmasi, jumlah kematian, dan jumlah kasus yang sembuh. Halaman tautan tersebut pun menampilkan total kasus secara global.

Halaman tautan itu pun menampilkan situs-situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), UNICEF, hingga situs tepercaya di Indonesia yang memuat artikel tentang virus Corona.

Baca Juga:  Stok Sembako di Kota Bandung Aman Jelang Natal dan Tahun Baru, Warga Tak Perlu Panik

Dengan adanya Covid-19, Google telah menyoroti pandemi tersebut menjadi topik utama doodle sejak tahun 2020.

Google doodle hari ini secara khusus hanya muncul di laman pencarian Indonesia. Pada bagian atas keterangan, tampaknya Google akan terus menampilkan doodle tersebut hingga 14 Mei.

Pengguna dapat membaca artikel mengenai virus Corona, cukup mengklik ikon doodle yang terpampang di halaman awal pencarian. (Red)