Ingin Open House Lebaran Saat Pandemi Covid-19? Lakukan Cara ini

JABARNEWS | BANDUNG – Open House merupakan salah satu kegiatan yang bisanya banyak dilakukan di hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal hingga tahun baru.

Saat Hari Raya Idul Fitri kali ini, Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19. Hal tersebut tentunya sangat bertentangan dengan tradisi Open House tersebut.

Oleh sebab itu, dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cara aman Open House Lebaran saat masa pandemi Covid-19. Diantarnya yakni:

Pertama. Open house virtual – Untuk lebih amannya, open house bisa digelar secara virtual selama pandemi. Jika tujuannya mengumpulkan orang agar bisa saling menyapa di hari Natal, open house virtual bisa menjadi solusi di tengah pembatasan sosial yang masih diberlakukan oleh pemerintah.

Baca Juga:  Daun Sukun Ternyata Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Penjelasannya!

Open house virtual juga bisa menghemat biaya transportasi, akomodasi hingga katering. Untuk merayakan Natal dan tahun baru secara virtual, kamu bisa menggunakan Zoom atau aplikasi yang lain.

Kedua. Acara open house outdoor – Berkumpul dalam satu ruangan dalam acara open house dapat menimbulkan potensi penularan virus hingga 19 kali lebih tinggi dibandingkan dengan di luar ruangan. Jadi jika cuaca memungkinkan, open house outdoor bisa jadi pilihan yang tepat.

Baca Juga:  Enam Bulan, Kakek Di Majalengka Ini Gauli Siswi SMP Hingga Hamil

Ketiga. Batasi jumlah tamu undangan – Kamu mungkin memiliki daftar ratusan orang anggota keluarga yang ingin diundang di acara open house. Mengumpulkan banyak keluarga dalam satu tempat bisa menjadi momentum menyenangkan. Tapi hal itu tidak berlaku di masa pandemi. Semakin banyak yang diundang, justru memberikan risiko kesehatan yang semakin besar. Jadi sangat bijaksana jika kamu membatasi jumlah orang yang dapat datang ke acara open house.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika: Pemkab Purwakarta Tanggung Iuran BPJS Kesehatan 84.000 Warga Purwakarta

Keempat. Ciptakan jarak sosial – Jangan lupa untuk menerapkan jarak sosial pada saat menggelar open house baik indoor maupun outdoor. Kursi untuk duduk para undangan juga harus dibuat lebih renggang atau tidak saling berdempetan agar dapat menciptakan jarak aman. Sebagai panduan, kamu hanya boleh menggunakan 50% dari kapasitas ruangan yang digunakan untuk open house.

Kelima. Tetapkan Protokol 5M -Sebagaimana anjuran Protokol Kesehatan (Prokes) dari Satgas Covid-19, saat pandemi ini seluruh warga di Indonesia harus mematuhi prokes 5 M tersebut untuk memutus rantai penularan covid-19. (Red)