Gempa Bumi Guncang Nias Selatan dan Tapsel, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

JABARNEWES I NIAS SELATAN – Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi di Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, tidak berpotensi tsunami, Jumat (14/5/2021).

Data BMKG, gempa bumi berkekuatan magnitudo 3.0 guncang Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara, pukul 05.11 WIB. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.71 Lintang Utara dan 99.17 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 17 km arah Barat Laut, Kabupaten Tapanuli Selatan pada kedalaman 2 km.

Baca Juga:  Sosok Wanita Mistis Penguasa Dunia Gaib Di Nusantara

Gempa bumi dengan magnitudo 3.1 terjadi Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara pada pukul 09.44 WIB.

Titik gempa berada pada episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.26 Lintang Utara dan 98.32 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 71 km arah Timur Laut, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 24 km.

Baca Juga:  Libur Lebaran, Dimanfaatkan Naik Gunung

Disusul gempa dengan magnitudo 3.0 guncang Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara pada pukul 10.23 WIB.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.59 Lintang Utara dan 98.49 Bujur Timur berlokasi di laut pada jarak 75 km arah Timur Laut, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 2 km.

Baca Juga:  Babak Baru Kasus Kebakaran Kilang Minyak di Balongan, Polri: Bakal Ada Tersangka

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Hartanto, ST, MM mengatakan, gempa bumi terjadi di Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kabupaten Nias Selatan tidak berpotensi tsunami dan tidak ada laporan masyarakat yang merasakan getaran gempa.

“Gempa bumi tidak berpotensi tsunami dan tidak ada laporan masyarakat yang merasakan gempa tersebut,” bilangnya. (Ptr)