Gempa Besar Terjadi di Nias Barat, Terasa hingga Banda Aceh

JABARNEWS I NIAS BARAT – Gempa tektonik dengan berkekuatan magnitudo 7,2 terjadi wilayahnya Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, tepatnya di Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat (14/5/2021) pukul 13.33 WIB.

Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,2 LU dan 96,69 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 125 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km. 

Baca Juga:  Soal SE Menag Yaqut Terkait Idul Adha dan Qurban, Ini Kata MUI Jabar

Kepala BMKG Wilayah I Medan, Hartanto mengatakan, gempa tektonik 7,2 di Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera setelah diperbaharui menjadi 6,7. Tidak ada dampak kerusakan disebabkan gempa tersebut.

“Guncangan gempa dirasakan masyarakat Kabupaten Nias, Aek Godang, Aceh Tengah dan Banda Aceh Provinsi Aceh,” ucapnya.

Baca Juga:  Membangun Ketahanan Ekonomi Keluarga Lewat UMKM

Terpisah, Kepala BPBD Nias Barat, Filifo Daeli mengatakan, pihaknya sedang kelapangan untuk mendata apakah ada kerusakan yang disebabkan gempa tektonik 7,2 di Kabupaten Nias Barat.

“Getaran gempa dirasakan masyarakat Nias Barat dan Gunung Sitoli, personel BPBD masih kelapangan untuk mendata apakah ada kerusakan disebabkan gempa,” katanya.

Baca Juga:  Barstard, Bentuk Otot Bisa, Bakar Lemak Juga Bisa

“Gempa tektonik 7,2 tidak berpotensi tsunami, hanya dirasakan masyarakat di Nias dan Banda Aceh,” terang Folifo.

Kata dia, dari laporan yang diterima terjadi gempa susulan dengan magnitudo 5,3. Namun gempa susulan tidak berdampak ke masyarakat.

“Gempa susulan dengan magnitudo 5.3 tidak dirasakan masyarakat,” bilangnya. (Ptr)