Libur Lebaran, Wisatawan di Garut Akan Dites Antigen Secara Acak

JABARNEWS I GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut menyiapkan alat tes cepat antigen bagi wisatawan untuk mendeteksi penyebaran COVID-19, sehingga memberikan rasa aman di tempat wisata saat musim libur Lebaran.

“Kita akan melakukan pemeriksaan tes swab (usap) antigen secara random,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Budi Gan Gan di Garut, Jumat (14/5/2021), dikutip dari Antara.

Ia menuturkan pemerintah telah menyiapkan alat untuk tes usap antigen bagi masyarakat yang melakukan kegiatan wisata di Garut.

Baca Juga:  Corona Belum Mereda, Polisi di Purwakarta Sosialisasi Prokes ke Pasar Tradisional

Jika di satu lokasi ditemukan banyak positif COVID-19, kata dia, maka tempat tersebut akan ditutup untuk dilakukan sterilisasi agar tidak terjadi penyebaran virus corona jenis baru itu yang lebih luas.

“Kalau ada di satu lokasi ditemukan banyak yang positif, tempat itu akan kita tutup,” katanya.

Ia menyampaikan pemerintah daerah membuka seluruh tempat wisata di Kabupaten Garut saat musim libur lebaran dengan syarat wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berkerumun.

Baca Juga:  Robert Albert Sambut Positif Jamu Persija di Bali

“Kita batasi jumlah pengunjung, penerapan protokol kesehatan juga akan kita perketat,” katanya.

Bupati Garut Rudy Gunawan dalam siaran persnya menyampaikan sudah menyiapkan petugas untuk melakukan tes cepat antigen guna mendeteksi penularan COVID-19 bagi warga luar kota yang lolos masuk Garut.

Baca Juga:  Ruar Biasa, Tenis Ganda Campuran Sumbang Emas ke-10

Ia berharap, semua orang yang masuk Garut dalam keadaan sehat. Untuk itu, dilakukan tes usap antigen agar dapat diketahui terpapar atau tidaknya seseorang oleh COVID-19.

“Kami berharap semua yang datang ke Kabupaten Garut sehat, kami menyiapkan ‘rapid test’ (tes cepat) yang cukup untuk meyakinkan yang datang ke Garut dalam keadaan sehat,” katanya. (Red)